KONI Harus Selamatkan Pemain Timnas Potensial

SEMIFINAL SEPAKBOLA SEA GAMES XXVI INDONESIA VS VIETNAM
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kisruh yang kembali mencuat di tubuh PSSI mendapat sorotan banyak pihak. Kisruh itu bahkan berimbas kepada beberapa pemain potensial Indonesia yang sudah berjuang merebut medali perak di ajang SEA Games belum lama ini.

Prestasi yang mereka torehkan tak mampu menyelamatkan karier sepakbola mereka di tim nasional Indonesia, akibat kisruh pengurus PSSI.

"Niat awal (pengurus PSSI) sudah tidak baik. Ini sudah politis, politisasi sepakbola. Dan, KONI yang harus menyelamatkan para pemain potensial yang terlempar," kata anggota Komisi X DPR RI, Deddy Gumelar, saat ditemui di Denpasar, Selasa 20 Desember 2011.

Miing, sapaan akrabnya melanjutkan, sejak dulu Indonesia Super League (ISL) merupakan badan yang sah untuk menggelar kompetisi di Indonesia. "Tiba-tiba, barang yang dari dulu halal menjadi haram. Yang dulu legal jadi ilegal dan sebaliknya. Ini aneh," tukas Miing.

Ia mendesak kepada pengurus PSSI untuk mengikuti aturan yang ada. Jika tidak, katanya, bisa jadi badan persepakbolaan dunia, FIFA, akan memberikan sanksi kepada Indonesia atas kisruh yang terjadi. "Siapapun pengurusnya, harus mengikuti aturan. DJohar (Arifin) harus tunduk pada statuta (FIFA). Ikuti rel yang ada. Kalau begini, tak sehat kompetisi kita," ucap mantan komedian ini.

Anggota Komisi X lainnya, Nyoman Dhamantra menuturkan hal senada. "Saya nyatakan telah terjadi politisasi di persepakbolaan kita. Kasusnya yang sekarang tidak lebih kecil dampaknya dari kasus Nurdin Halid. Saya berani pastikan itu," tegasnya.

Menurutnya, pergantian kepemimpinan di tubuh PSSI tak dibarengi dengan konsolidasi persepakbolaan Indonesia.

"Hanya pemindahan kekuasaan saja. Apa bedanya. Ini akan terus menuai konflik. Kita sudah sampaikan ke Menpora dan KONI, tujuannya bukan mengganti orangnya, tapi konsolidasi di tubuh persepakbolaan kita," imbuh Dhamantra.

Laporan: Bobby Andalan/ Bali

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016