Bertahan di ISL, Komdis PSSI Hukum SFC

Pelita Jaya Vs Sriwijaya FC Di ISL 2011/2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Komisi Disiplin PSSI kembali menjatuhkan hukuman kepada salah satu tim yang berlaga di pentas Liga Super Indonesia (ISL). Kali ini giliran tim asal Palembang, Sriwijaya FC yang dijatuhi sanksi berlapis oleh Komdis PSSI akibat menolak tampil di Indonesian Premier League (IPL) 2011-12.

Menurut Wakil Ketua Komdis PSSI, Catur Agus Saptono, SFC telah menolak bertanding lawan Persebaya dalam laga IPL, 17 Desember lalu. Bagi Komdis PSSI, ini tergolong  tingkah laku buruk dan perbuatan yang tidak sportif.

SFC juga dianggap telah merugikan PSSI dan mitra bisnisnya serta PT LPIS selaku pengelola IPL. Catur mengatakan, putusan Komdis tersebut sesuai dengan tugas mereka dalam mewujudkan dan memelihara suasana tunduk dan patuh pada keputusan-keputusan PSSI yang beredoman pada AFC dan FIFA. Keputusan ini juga diambil dengan mempertimbangkan rekomendasi sidang Komdis PSSI dan PT LPIS tanggal 19 Desember 2011 yang membahas mengenai penolakan Sriwijaya FC atas laga 17 Desember tersebut.

"Komdis memutuskan menghukum Sriwijaya FC berupa diskualifikasi dari Kompetisi Indonesia Primer League musim 2011-12. Kami menjatuhkan sanksi karena SFC menolak bermain melawan Persebaya 1927. Tindakan mereka kami nilai tidak sportif," ujar Catur.

Mengenai pembayaran denda, SFC diminta mentransfer ke rekening PSSI dengan nomor 102 000 005 2792 Bank Mandiri cabang Ratu Plaza Jakarta. Selain melarang SFC melakukan transfer pemain manapun dalam musim kompetisi saat ini. SFC  juga dilarang melakukan aktifitas di dalam Transfer Matching System (TMS).

Sebelumnya PSSI juga telah menjatuhkan sanksi kepada 10 tim ISL lainnya. Masing-masing adalah Persib Bandung, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, Deltras Sidoarjo, dan Pelita Jaya FC, Persidafon Dafonsoro, dan Persiwa Wamena.

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

SFC sendiri sebenarnya sempat dikabarkan akan berlaga di IPL dengan menggunakan pemain-pemain yang di luar ISL. Namun rencana ini ditolak oleh PSSI dan meminta Laskar Wong Kito tetap harus meninggalkan pentas ISL. (eh)

Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016