PSV Batal Bermain di Jakarta

PSV Eindhoven
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Kunjungan klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven, ke Indonesia pada Januari 2012 dibatalkan. Pembatalan ini buntut keputusan PSSI yang melarang pemain-pemain dari Indonesia Super League (ISL)  menghadapi PSV.

PSV sebenarnya dijadwalkan melakoni dua pertandingan di Indonesia dalam ajang bertajuk Jakarta Challenge. Klub yang menjuarai Liga Champions 1988 dan 21 Liga Belanda tersebut semula dijadwalkan menghadapi Indonesia Selection pada 9 Januari 2011 dan Jakarta Selection tiga hari kemudian.

Namun, rencana kunjungan tersebut dipastikan batal. Sebagaimana dalam rilis yang diterima VIVAnews.com, Jumat 23 November 2011, pihak Saujana Media selaku promotor pertandingan menegaskan pembatalan tersebut dikarenakan keputusan PSSI yang melarang pemain-pemain ISL tampil menghadapi PSV.

"Krisis yang saat ini dihadapi PSSI dan tidak tersedianya pemain lokal terbaik, membuat kami tidak memiliki tim Indonesia yang kredibel untuk tampil di kompetisi. Sangat disesalkan ketika kami dijanjikan pemain terbaik seperti tertuang di kontrak, hal tersebut tidak dilakukan oleh PSSI," demikian pernyataan resmi Saujana Media.

Sebelumnya pihak Saujana Media berharap pesepakbola papan atas Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales dan Firman Utina tampil di ajang Jakarta Challenge dan menghadapi PSV. Namun, PSSI melarang pemain dari ISL tampil dan hanya mengizinkan pemain dari Indonesia Premier League (IPL) yang bermain.

Pihak Saujana Media menilai keputusan PSSI yang hanya mengizinkan pemain IPL akan mengancam penjualan tiket. Selain itu Saujana Media mengaku sulit meyakinkan sponsor tanpa kehadiran pemain-pemain top Indonesia.

Saujana Media, yang merupakan match agent FIFA dari Malaysia, menilai pembatalan kunjungan PSV bisa memberi pengaruh buruk. "Tim-tim Eropa akan skeptis sebelum setuju bermain di Indonesia dan event organizer akan sangat khawatir dengan risiko yang diakibatkan tidak stabilnya PSSI," demikian pernyataan Saujana Media.

"Pembatalan ini juga akan mencegah pemain-pemain muda di Indonesia mendapat ilmu dari pemain profesional papan atas. Kami ingin mengucapkan permintaan maaf kepada ribuan fans sepakbola Indonesia." (umi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016