Aji Santoso Diplot Gantikan Rahmad Darmawan

Aji Santoso, pelatih Persik Kediri
Sumber :
  • GOSport

VIVAnews - Koordinator timnas sepakbola Indonesia, Bob Hippy memastikan nama Aji Santoso bakal ditetapkan menjadi pelatih kepala timnas U-23 menggantikan Rahmad Darmawan.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Menurut dia, meski penunjukan tersebut masih menunggu sidang Komite Eksekutif PSSI, namun PSSI saat ini menganggap Aji sebagai figur yang paling tepat menukangi skuad Garuda Muda.

"Aji (Santoso) akan menjadi pengganti Rahmad sebagai pelatih di Timnas U-23. Dia akan mulai jalankan tugas Januari nanti. Saat ini kan asisten Rahmad kemarin Aji dan Widodo (Cahyono Putro). Jadi untuk sementara biar Aji dulu yang tangani," ujar Bob Hippy.

Aji saat ini menjabat sebagai asisten pelatih timnas U-23 di SEA Games XXVI/2011. Menurut dia, Aji juga dinilai pantas menukangi Garuda Muda lantaran dianggap memiliki cukup pengalaman sebagai seorang pelatih.

Sukses sebagai pemain, Aji juga memiliki pengalaman menukangi tim PON Jatim, Persebaya Surabaya, dan pernah menangani Persisam Putra Samarinda sebelum ditarik ke timnas. Menangani timnas U-23, tantangan pertama yang akan dihadapi mantan pemain Persebaya dan PSM Makassar tersebut adalah mendampingi timnas U-23 di ajang Piala AFF pada Juni 2012 mendatang.

"Tapi, penunjukan ini tetap masih akan kami sahkan di rapat Exco PSSI. Keputusannya kan harus melalui rapat Exco. Rapat sendiri jadwalnya setelah tahun baru. Setelah itu, Aji baru bisa jalankan program," ujar Bob.

Sebelum merujuk nama Aji Santoso, Bob Hippy juga sempat mengatakan memiliki sejumlah kandidat yang akan diusulkan menangani skuad timnas U-23.  Widodo C Putra yang juga bersama-sama dengan Aji menjadi asisten RD, juga menjadi kandidat yang disebut-sebut pantas menangani skuad Garuda Muda. Selain dua nama itu, pelatih Semen Padang, Nilmaizar juga disebut-sebut masuk menjadi salah satu kandidat.

Namun, menurut Bob, Aji Santoso yang ternyata memiliki kans paling besar menduduki kursi pelatih kepala timnas U-23 diantara nama-nama lainnya. Selain dinilai berpengalaman, Aji yang telah mengenal baik timnas U-23 juga diharapkan dapat dengan mudah melanjutkan program kerja timnas sebelumnya.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016