Wasit se-Jatim Deklarasikan Dukungan KLB

La Nyalla Mattaliti
Sumber :
  • Lensa Olahraga - antv

VIVAnews - Perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit, asisten wasit dan pengawas pertandingan se-Jawa Timur mendukung digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Dalam deklarasinya, mereka juga menuntut lima poin penting.

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Sebanyak 140 orang dari 38 pengurus cabang PSSI se-Jawa Timur menggelar deklarasi di Hotel Sahid Surabaya, Sabtu 7 Januari 2011. Dalam kesempatan sore tadi, peserta deklarasi membubuhkan tanda tangan di atas lima butir pernyataan. Diantaranya dukungan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) 6 Maret mendatang.

Selain itu, mereka juga mendukung penyelenggaraan kompetisi sepakbola profesional di bawah operator PT Liga Indonesia dan loyal terhadap hasil keputusan kongres Bali menyangkut regulasi kompetisi dan badan pelaksana kompetisi profesional.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

"Para wasit juga diwajibkan hanya memimpin pertandingan di kompetisi di bawah PT Liga Indonesia," kata Setiono, ketua komisi wasit Pengprov PSSI Jatim kepada VIVANews.

Setiono juga menjelaskan, para wasit, asisten dan pengawas pertandingan akan memimpin pertandingan sesuai dengan Rule of The Game dan tidak akan melacurkan profesionalisme profesi wasit.

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL

Dalam deklarasi itu, hadir juga Ketua PSSI Jatim La Nyalla Mattalitti dan wasit senior Purwanto. La Nyalla juga menegaskan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) tetap mantap menggelar KLB. "Jangan takut, kita pasti menang. Sebab, apa yang kita lakukan sudah sesuai dengan keputusan Kongres Bali. Sebab, pengurus PSSI telah melanggar statuta,” tegas La Nyalla.

Terpisah, Purwanto menyatakan, wasit Jatim harus mempunyai keteguhan hati dalam mendukung kinerja KPSI. “Bisa dibilang, ini memang mengandung resiko. Tidak memilih juga resiko. Tapi, saya ingin wasit Jatim mempunyai komitmen dan tetap menjaga kekompakan,” harap Purwanto.

Sementara itu, salah satu pengawas pertandingan (PP) asal Pengcab Probolinggo, Khalid Abubakar mengaku siap mendukung KLB. “Kami siap mendukung pak Nyalla untuk suksesnya KLB,” tegas pria yang juga PP nasional itu.

Lima Butir Pernyataan:
1. Mendukung KLB 6 Maret 2012
2. Mendukung penyelenggaraan kompetisi di bawah PT Liga Indonesia
3. Loyalitas pada PT Liga Indonesia sebagai bagian hasil kongres Bali
4. Hanya bertugas di kompetisi di bawah Badan Liga Indonesia
5. Bertugas sesuai dengan Rule of The Game

Laporan: Adi Yoga | Surabaya, umi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya