Barca Dirikan Akademi Sepak Bola di Indonesia

Para pemain Barcelona merayakan kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola -  Raksasa Eropa, FC Barcelona, akan mendirikan akademi sepakbola FCB Escola di Indonesia. Akademi ini nantinya akan berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Akademi ini rencananya akan berdiri pada September 2012. Sekolah sepak bola ini akan menampung sekitar 250 anak setiap tahunnya--mulai dari usia 5-11 tahun dan 12-18 tahun.

Proyek ini adalah hasil kerjasama Excellion Analytics dengan High Dynamics Invesment. Nantinya, para staf dari Barcelona akan langsung turun tangan dalam menangani akademi ini.

"Kami tentunya akan menyesuaikan diri dengan kebudayaan di Indonesia, mulai dari sistem pendidikan hingga pola latihan," kata Project Direktur FC Barcelona, Xevi Merce, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Nantinya program pembinaan sepakbola ini juga akan mengikuti berbagai kegiatan seperti summer camp, seminar, klinik pelatihan, bahkan pelatihan di Camp Nou selama 2 minggu. Beasiswa juga akan diberikan kepada anak-anak yang kurang mampu.

"Tentunya pelatih dari Barcelona juga akan ikut serta, sehingga ada pelatih yang benar-benar memahami proses latihan seperti di Barcelona. Kami tentunya akan terlibat secara maksimal untuk program ini, dan akan ada staf Barcelona yang akan tinggal di sini," papar Xevi Merce.

Tujuan utama didirikannya akademi ini adalah untuk memberi kesempatan kepada anak-anak berbakat Indonesia untuk mengembangkan bakat dan keterampilan mereka dalam sepak bola. Dengan demikian pendidikan dan pembinaan di akademi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan solusi terhadap minimnya prestasi anak-anak Indonesia dalam sepakbola.

"Dengan adanya akademi ini kami berharap anak-anak Indonesia dapat lebih berkualitas dalam mengarungi kehidupan dan sepakbola Indonesia dapat berprestasi dalam 10 tahun ke depan," ujar Franky Nelwan, salah satu pendiri Excellion Analytics.

Target Excellion Analytics adalah dalam 10 tahun lagi angkatan pertama pendidikan akademi ini akan masuk 4 besar Asia dan mendapatkan tiket untuk Piala Dunia 2026.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016