Pengprov Kaltim Tolak Pembekuan oleh PSSI

Achmad Amins (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikram

VIVAbola - Pengprov PSSI Kalimantan Timur sepakat menolak pembekuan kepengurusan yang dilakukan oleh Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin. 

Mitra Kukar Rindu Top Scorer Piala Jenderal Sudirman

Dalam rapat konsolidasi yang dilakukan Kamis, 2 Februari 2012 dan selesai Jumat dinihari, seluruh Pengurus Cabang PSSI se-Kaltim memberikan dukungan kepada Ketua Pengurus Provinsi PSSI kaltim Achmad Amins untuk terus melanjutkan tugasnya.

Rapat itu menelurkan tiga poin yang berisi penolakan terhadap keputusan Ketua PSSI lengkap dengan alasannya. Rapat konsolidasi itu berlangsung di Hotel Diamond, Jl. Lambung Mangkurat Samarinda.

"Kalau tidak ada dukungan seperti ini, saya tidak akan di sini. Saya sudah tua, banyak urusan yang lain. Tapi, ini demi kemajuan sepakbola Kaltim, kita mengabdi," kata Achmad Amins, yang pernah menjadi Walikota Samarinda 2000-2005.

Hanya dua pengcab yang tak hadir yakni Bontang dan Kutai Barat (Kubar) datang pada pertemuan tersebut. Pengcab Kubar kabarnya juga akan ikut menghadiri pertemuan tersebut, namun karena masalah jarak yang cukup jauh, akhirnya pengurus cabang Kubar urung datang.

Tiga poin yang dihasilkan dalam rapat tersebut adalah; mendukung Amins untuk melanjutkan kepengurusannya sebagai Ketua Pengprov PSSI Kaltim sesuai dengan Musda Pengprov Kaltim Januari 2010. Poin kedua, forum juga menolak surat keputusan PSSI No. SKEP/18/JAH/1/2012 tertanggal 24 Januari 2012 tentang pembekuan PSSI Kaltim dan penunjukkan kareteker Viktor Yuan.

Alasan penolakan itu disampaikan dalam lima butir yakni forum menganggap bahwa pembekuan itu tak sesuai dengan statuta yang menyebut bahwa pemberhentian seseorang atau suatu badan harus melalui kongres.

Bersikap Arogan

Sepuluh Klub Bakal Ramaikan Piala Bhayangkara

Forum juga melihat bahwa sikap Ketua PSSI arogan dan otoriter. Alasan lainnya adalah, pengcab melihat ada kebohongan dalam alasan pembekuan yang tertuang dalam surat keputusan.

PSSI menyebutkan bahwa, pembekuan karena usulan dari pengcab se-Kaltim. Namun, selama ini pengcab tak pernah merasa bahwa mereka memberikan surat tertulis untuk membekukan kepengurusan Achmad Amins.

Poin ketiga yang tertuang dalam hasil pertemuan itu adalah, pengcab PSSI se-Kaltim tetap solid dan mendukung Achmad Amins untuk melanjutkan kepemimpinannya hingga masa bakti berakhir. Forum juga mendukung langkah perlawanan yang dilakukan Achmad Amins terhadap PSSI di bawah kepengurusan Djohar Arifin Husin.

"Kita ini sedang berjuang. Saya hargai dukungan dari semua rekan-rekan pengcab. Dengan ini saya nyatakan bahwa saya tetap ketua pengprov," kata Amins. (ren)

Pemain Semen Padang, Vendry Mofu, absen saat melawan BSU

Sriwijaya FC Temani Madura United Lolos ke Semifinal

Dilaga terakhir Sriwijaya bermian imbang 1-1.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2016