Kalah Digugat Persipura, PSSI Surati CAS

Kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mengaku telah mengirimkan surat kepada Court Arbitration of Sport (CAS) terkait tuntutan ganti rugi yang dilayangkan Persipura Jayapura. Menurut Djohar, saat ini CAS baru mengeluarkan putusan sela untuk kasus tersebut, dan masih memungkinkan untuk melakukan pembelaan.

"Kami sudah sampaikan surat kepada CAS, dan juga bukti-bukti bahwa kami tidak punya masalah dengan Persipura. CAS sendiri yang meminta surat kepada kami. Kami sendiri tidak tahu kenapa ada tuntutan seperti itu," ujar Djohar Arifin dalam acara Raker PSSI di kawasan Puncak, Bogor, Jumat 3 Februari 2012.

Menurut mantan staf ahli Kemenpora itu, persoalan tuntutan denda Rp20 miliar kepada PSSI yang dilayangkan Persipura kepada CAS tersebut dinilai tidak pada tempatnya. Menurutnya, selama ini PSSI tidak pernah menghalangi hak Persipura untuk tampil di ajang Liga Champions Asia (LCA). Adanya larangan tak lebih dari regulasi AFC yang mengharamkan klub-klub di luar liga resmi federasi untuk ikut LCA.

"Kami merasa heran. Kenapa kami yang tidak ada masalah dengan Persipura kok didenda. Ya kalau seperti ini, malah menambah jumlah utang PSSI. Utang warisan PSSI saja ada Rp46 miliar. Tapi, ini kan belum keputusan tetap. Masih ada waktu untuk memberi penjelasan kepada CAS. Kami selama ini tidak pernah menghalang-halangi Persipura," ujar Djohar.

Tak hanya menanggapi persoalan denda, putusan sela CAS yang memberikan kesempatan bagi Persipura tampil di babak play-off LCA juga disikapi PSSI. Djohar mengaku gembira dengan keputusan sela yang dikeluarkan tersebut. Menurutnya, langkah Persipura untuk bisa kembali ke LCA itu sudah tepat.

"Kami menyambut gembira ada putusan sela CAS untuk mengembalikan Persipura ke LCA. Artinya, wakil Indonesia ada di dalam LCA. Sekali lagi, PSSI tidak pernah menghalangi Persipura untuk ikut LCA. Tidak pernah PSSI melarang," ujar Djohar menegaskan.

"Cuma memang peraturan yang ditegaskan AFC, klub yang tidak ikut kompetisi pada tahun berjalan dan tidak ikut kompetisi yang dilaksanakan federasi, itu otomatis tidak boleh ikut. Jadi kalau Persipura dibenarkan ikut LCA, kami sangat gembira," tutur mantan pemain PSMS Medan tersebut.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016