Persija Siap Hapus Mimpi Buruk atas Persipura

Persija Jakarta Vs Persidafon Dafonsoro Di ISL 2011/2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Persija Jakarta memiliki rekor pertemuan buruk dengan Persipura Jayapura. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu tercatat tidak pernah menang saat bertemu pasukan Mutiara Hitam, sejak liga Indonesia musim 2005-06 bergulir. Persija kerap menjadi bulan-bulanan Persipura saat kedua tim bentrok di lapangan.

Dari delapan laga terakhir yang mereka jalani, termasuk di ajang Copa Dji Sam Soe, dan Piala Indonesia, Persija hanya mampu dua kali menahan imbang Persipura. Sisanya, klub asal Papua itu selalu menorehkan hasil sempurna atas Persija, termasuk mencukur dengan skor telak hingga 0-6 pada gelaran Indonesia Super League (ISL) 2008-09.

Namun bagi Persija, rekor buruk tersebut tidak ingin menjadi momok yang menakutkan jelang big match kontra Persipura, Selasa 7 Februari 2012 besok. Dengan dukungan penuh suporter yang berdatangan dari Jakarta ke Jogjakarta, Persija bertekad mengukir sejarah baru di stadion Mandala Krida, tempat laga dilangsungkan.

"Menghilangkan sugesti Persija sulit menang saat bertemu Persipura memang berat. Kita tahu Persipura merupakan tim yang hebat. Sebelas pemain mereka yang ada di lapangan, semuanya merupakan pemain bagus yang layak diwaspadai. Tapi kami tentu tidak akan menyerah kalah duluan gara-gara sugesti rekord itu," ujar pelatih Persija, Iwan Setiawan, Senin 6 Februari 2012.

Menurutnya, kunci untuk bisa mengubah rekord buruk tersebut ada pada konsistensi dan kerja keras tim saat menghadapi Persipura nanti. Tak hanya soal merubah tradisi, pertemuan tersebut juga sebagai ajang pembuktian kualitas skuad Macan Kemayoran yang banyak dihuni pemain usia muda.

"Saya selalu tekankan kepada anak-anak, kita ini tim yang underdog. Meski sempat diragukan, tapi kami mampu menjawab tantangan itu dengan hasil yang kami raih saat ini. Tinggal bagaimana menjaga konsistensi. Karena tim yang banyak dihuni pemain muda, persoalan konsistensi ini kerap menjadi masalah," ujar Iwan.

Bertemu Persipura, Iwan mengaku tidak mau berlebihan dalam menerapkan pertahanan tim. Sadar Persipura bertabur pemain dengan skil tinggi, Iwan mengatakan tidak perlu mengawal khusus para pemain Persipura secara perorangan (man to man marking). Sebagai gantinya, marking zone bakal diterapkan sepanjang pertandingan.

"Kami tidak pernah terpaku pada satu strategi saat bertemu tim manapun. Kami akan lebih fleksibel menerapkan taktik serangan maupun bertahan, dengan melihat kondisi di lapangan. Semoga pertandingan besok bisa menjadi awal cerita baru bagi Persija saat bertemu Persipura," kata Iwan.

Head to Head Persija Jakarta vs Persipura.


liga Indonesia 2005/2006
Persija vs Persipura: 2-3

Semifinal Piala indonesia 2007  Persipura vs Persija: 3-2

ISL 2008/09
Persipura vs Persija: 6-0
Persija vs Persipura: 1-3

ISL 2009/10
Persipura vs Persija: 0-0
Persija vs Persipura: 0-2

ISL 2010/11
Persipura vs Persija: 2-1
Persija vs Persipura: 1-1



Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura
Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016