Ditahan Persisam, Pelatih Persija Mundur

Pelatih Persija Jakarta Iwan Setiawan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Iwan Setiawan memutuskan mundur dari jabatan pelatih Persija Jakarta setelah timnya ditahan imbang tanpa gol oleh Persisam Putra Samarinda pada lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 26 Februari 2012.

Iwan mengutarakan keputusannya tersebut saat jumpa pers usai pertandingan. Kinerja wasit di ISL menjadi alasan utama mantan pelatih PSMS Medan tersebut mengundurkan diri dari Persija.

Dia kecewa dengan kepemimpinan wasit Jumadi Efendi, yang dinilainya tidak berlaku adil saat pertandingan Persija melawan Persisam. Jumadi yang menganulir gol Fabiano Beltrame di menit ke-62, dipandang Iwan telah mencoreng kredibilitas ISL yang tengah berusaha keluar dari tudingan praktik mafia wasit.

"Saya awalnya menolak saat diminta melatih Persija. Saya tidak mau, karena saya sudah bosan ribut sama wasit. Tapi, manajemen Persija saat itu berjanji ISL musim ini bisa berkualitas. Tapi wasit tadi, Jumadi, yang memimpin pertandingan dengan tidak jujur, benar-benar membuat sepakbola nasional rusak," ujar Iwan saat jumpa pers usai pertandingan.

"Saya bilang sama wasit, mari kita jujur-jujuran saja. Kita lihat rekaman pertandingan. Jika saya yang salah, saya akan meminta maaf. Dengan dia tidak jujur, dia sudah merusak sepakbola nasional. Saya orang yang ingin sepakbola nasional ini bersih dari mafia wasit," sambung Iwan.

Dalam tayangan ulang pertandingan, Fabiano memang dalam posisi offside sebelum mencetak gol. Bek asal Brasil itu berada dalam posisi offside saat menerima umpan Pedro Javier. Namun, Iwan sudah terlanjur kecewa dengan kepemimpinan wasit.

"Ternyata tidak ada kejujuran dari wasit. Mungkin dengan berat hati, saya hari ini memutuskan mengundurkan diri dari kepelatihan Persija. Saya kecewa karena sampai saat ini masih ada ketidakjujuran di sepakbola Indonesia," tegas Iwan. (art)

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija
Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016