Comeback Boaz Ciamik, Persipura Cukur Persib

Boaz Solossa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola - Persipura Jayapura memetik poin penuh saat menjamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Senin, 27 Februari 2012. Dalam duel ini, Mutiara Hitam menang telak 4-0.

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Bertanding di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, kedua tim bermain dalam tempo lambat. Sinar matahari yang menyengat membuat kedua tim terkesan menghemat tenaga di awal-awal babak pertama. 

Pada menit 25, striker Persipura, Alberto 'Beto' Goncalves yang mengancam daerah pertahanan Persib Bandung. Namun langkah Beto dihentikan oleh kiper Maung Bandung, Jandri Pitoy yang memutuskan keluar dari sarangnya. Mantan kiper Persipura itu mengait kaki Beto. Aksi ini pun berbuah kartu kuning dari wasit Olehadi. 

Striker Boaz Solossa yang tampil sebagai eksekutor tendangan bebas berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya gagal dibendung Jandri setelah terlebih dulu mengenai badan salah seorang pemain Persib. Ini gol pertama Boaz setelah lama tidak memperkuat Persipura akibat cedera saat bertemu Sriwijaya FC.  

Tempo permainan semakin meningkat setelah Persipura unggul 1-0. Persib yang berambisi mencuri poin dari Papua nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan Atep. Sayang, tendangan mantan pemain Persija Jakarta itu masih mengenai mistar gawang Persipura. 

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Pertandingan sempat memanas saat bek Persipura Ricardo Salampessy diganjar kartu kuning karena melanggar Airlangga Sucipto di menit ke-33. Penonton yang tidak terima dengan keputusan ini sempat melempari wasit dengan botol air mineral. Panitia pun berusaha menenangkan penonton yang marah agar laga bisa dilanjutkan.

Persipura kembali unggul pada menit ke-38 melalui gol Ian Luis Kabes. Gol ini berawal dari kerjasama Zah Rahan dan Boaz Solossa sebelum akhirnya menyodorkan bola ke kaki Kabes. Mantan pemain timnas itu tanpa kesulitan berhasil memerdayai Jandri Pitoy. 

Persipura memperlebar jarak pada menit ke-43. Gol ketiga Persipura lahir dari bunuh diri pemain Persib, Jajang Sukmara. Tendangan bebas Titus Bonai yang menyentuh badannya mengubah arah bola sehingga gagal dijangkau oleh Jandri Pitoy. Hingga turun minum, Persipura tetap unggul 3-0 atas tamunya, Maung Bandung. 

Memasuki babak kedua, Persib mencoba meningkatkan tempo pertandingan, namun upaya itu belum membuahkan hasil. Malah menit 53 Persipura nyaris menambah gol melalui Beto, tapi tendangan kerasnya mampu diblok Jendri dan hanya melahirkan tembakan sudut.

Pada Menit 56, Persipura kembali menambah gol memanfaatkan serangan dari sayap kanan. Titus Bonai yang menerima umpan matang sukses merobek gawang Jandri dan mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Setelah unggul 4-0, Persipura pun menurunkan tempo permainannya. Skor ini bertahan hingga wasit Olehadi menipu pluit panjang. 

Tambahan tiga poin membuat Persipura kini berada di urutan kedua klasemen sementara ISL 2011-12. Dengan koleksi 27 poin, Persipura menempel ketat pimpinan klasemen Sriwijaya FC yang juga mengoleksi 27 poin. Kedua tim kini hanya dipisahkan selisih gol.  (irb)

Susunan pemain

Persipura: 1 Yoo Jae Hoon, 26 Ortisan Solossa, 4 Ricardo Salampessy, 44 Yohanes Tjoe, 13 Ian Luis Kabes/Imanuel Wanggai, 21 Yustinus Pae/Viktor Pae, 15 Gerald Pangkali, 10 Zah Rahan Kranggar, 25 Titus Bonai/Lukas Mandowen, 9 Alberto Gonsalves, 86 Boas Solossa

Persib : 1 Jendry Pitoy, 3 Zulkifli Syukur, 18 Jajang Sukmara/Budiawan, 5 Maman Abdurrahman, 6 Abanda Herman, 16 Toni Sucipto, 24Hariono/M Agung Pribadi, 50 Miljan Radovic, 17 M Ilham, 7 Atep, 9 Airlangga/Rocky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya