Alasan Iwan Setiawan Batal Tinggalkan Persija

Pelatih Persija Jakarta Iwan Setiawan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Iwan Setiawan sempat mengundurkan diri dari jabatan pelatih Persija Jakarta. Namun, ia akhirnya mengurungkan niatnya itu. Mengapa?

Pentas sepakbola Indonesia sempat dikagetkan dengan pengunduran diri Iwan pada akhir pekan lalu. Bak petir di siang bolong, mantan pelatih PSMS Medan itu menyatakan ingin mengundurkan diri seusai laga Persija vs Persisam Putra Samarinda. Alasannya, ia kecewa dengan wasit yang memimpin jalannya pertandingan tersebut.

"Manajemen mendukung niat saya dalam memerangi kecurangan di sepakbola Indonesia, terutama terhadap wasit. Saya kembali karena manajemen dan anak-anak meminta saya kembali," kata Iwan, Rabu 29 Februari 2012.

"Motor ketidakadilan kompetisi di Indonesia adalah karena wasit. Berangkat dari idealisme, saya ingin persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik, walaupun saya orang kecil."

Iwan mengaku awalnya tetap ingin mempertahankan keputusannya untuk mundur. Namun, hatinya luluh karena permintaan para pemainnya.

"Saya kembali karena permintaan anak-anak. Sampai kemarin manajemen minta, saya tetap tidak mau, kecuali permintaan saya disanggupi oleh manajemen klub."

Persija akan menghadapi Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis 1 Maret 2012. Bagaimana jika tim asuhan Iwan kembali dirugikan wasit?

"Situasional. Kita akan perang dengan wasit, tapi apa yang akan terjadi besok ya kita lihat besok, tergantung situasinya," jelas Iwan.

"Salah satu masalah perwasitan di Indonesia adalah penugasan wasit yang itu-itu saja ke klub yang sama. Saya tak ingin mengomentari klubnya, saya hanya memfokuskan permasalahan ini kepada wasitnya saja."

"Wasit dari China yang bahkan berkiprah di Piala Dunia dihukum 6 tahun penjara karena bermain kotor di kompetisi lokal. Seharusnya seperti itu," tutur Iwan. (eh)

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija
Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016