Tekuk Mitra Kukar, Sriwijaya Pastikan Juara ISL U-21

Pemain Sriwijaya FC U-21 (kuning)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVAbola - Sriwijaya FC keluar sebagai juara ISL U-21 usai mengalahkan Mitra Kukar di partai final dengan skor tipis 2-1, Sabtu 7 September 2013 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Alan Martha dan Novri Setiawan menjadi penentu kemenangan Sriwijaya FC.

Mengawali babak pertama, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar sama-sama tampil menyerang. Mitra Kukar berhasil membuka keunggulan melalui Arpani pada menit ke-4. Lolos dari off-side, Arpani sukses menjebol gawang Sriwijaya FC melalui tendangan mendatar.

Laskar Wong Kito merespons ketinggalan ini dengan cepat. Pemain andalan Sriwijaya, Alan Martha, sukses mengoptimalkan umpan lambung dari Novri Setiawan pada menit ke-6. Alan menyambut bola dengan tendangan voli yang gagal dibendung oleh Hendra Susilo untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Sriwijaya FC berbalik unggul 2-1. Pada menit 57, Novri yang lepas dari kawalan pemain belakang Mitra Kukar berlari cepat ke kotak penalti. Novri kemudian melepaskan tembakan ke sudut sempit gawang Hendra untuk membawa Sriwijaya memimpin.

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

Kedudukan tersebut bertahan hingga bubar. Tim asuhan Subangkit itu keluar sebagai juara ISL U-21 musim 2012-13. Atas kemenangan ini, Sriwijaya berhak mengantongi uang pembinaan sebesar Rp200 juta.

Sukses Sriwijaya di ajang ISL U-21 musim ini sekaligus mematahkan dominasi Persela Lamongan yang telah dua musim keluar sebagai juara di kompetisi junior milik PT Liga Indonesia itu.

Sukses meraih gelar juara ISL U-21 juga terasa istimewa bagi Sriwijaya, karena pemain mereka Rizky Dwi Ramadhana menyabet penghargaan individual sebagai top-scorer dan pemain terbaik di ajang ISL U-21.

Setelah pertandingan, Presiden Sriwijaya, Doddy Reza Alex Nurdin optimistis para pemain muda Sriwijaya memiliki masa depan cerah.

Hadapi Sriwijaya FC di Laga Pertama, Ini Kata Pelatih Persib

"Kami siap menampung pemain muda di Sriwijaya FC. Kemenangan ini menjadi kebangkitan bagi sepakbola usia dini, tidak hanya di Sumatera Selatan, tetapi juga di Indonesia," kata Doddy ketika diwawancara antv.

Susunan Pemain
Mitra Kukar U-21:
Hendro Susilo , Samsudin, Noval Fandianur, Irwansyah, Lopenda, Ali Surahman(Kapten), Yogi Rahardian , Chaidir Alfiones S , Arpani, Ananda Alifyansa, Roy Fadlan .
 
Sriwijaya FC U-21:
Teja Paku Alam, Vava Mario Yagalo (Kapten), Dere Malman, Makhrus Afif , Ahmad Faris A, Hafit Ibrahim, Ichsan Kurniawan, Rivan Nahumaruri, Novri S, Alan Marta , Rizky R.

(art)

Sriwijaya Raih Tempat Ketiga, Bendol Dipecat?
Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016