Persija Vs Gamba Osaka, Misi Balas Dendam RD

Sumber :
  • Twitter: @Persija_JKT

VIVA.co.id - Duel Persija Jakarta versus Gamba Osaka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu 24 Januari 2015, memiliki makna ganda bagi pelatih Rahmad Darmawan. Laga ini akan menjadi momentum bagi pria yang akrab disapa RD ini untuk membalas 2 kekalahannya dari Gamba Osaka, 2009 silam.

Kekalahan tersebut diderita RD saat masih membesut Sriwijaya FC yang tampil di Liga Champions Asia. Ketika itu, Laskar Wong Kito yang  berada di Grup F, takluk 0-5 dan 0-3 dari wakil Jepang tersebut.

"Setiap pelatih, pasti mau meraih kemenangan di semua laga. Ini berbeda dengan yang dulu. Ketika itu saya masih di Sriwijaya. Yang pasti, di pertandingan nanti, saya menargetkan anak-anak tampil bagus. Kalau bisa menang, itu sangat bagus," kata RD saat ditemui di SUGBK sore tadi.

Pelatih 48 tahun tersebut memastikan akan menurunkan skuad terbaiknya. Tapi, masih ada 2 pemain yang diragukan tampil di laga nanti.

"Greg Nwokolo masih 50-50. Saya mau lihat dulu kondisinya. Kalau dia siap tampil, pasti pemanasan di laga besok. Lalu, Martin Vunk juga harus dipantau kondisinya. Mungkin dia tak bisa tampil penuh," jelas RD.

Gunakan 12 Pergantian

Dalam laga nanti, kedua tim diperbolehkan untuk menggunakan 12 pergantian. Aturan ini, diakui oleh pelatih kedua tim, sangat menguntungkan, khususnya Macan Kemayoran.

Maklum, para pemain Persija diketahui mengalami kelelahan usai menjalani turnamen pra musim, SCM Cup. "Ya, pasti ada kelelahan. Makanya selama 2 hari terakhir, saya menurunkan tempo latihan," tutur RD.

Banyaknya pergantian di duel besok, menurut RD, akan membantunya dalam menjaga kebugaran tim. Dia juga memastikan menggunakan seluruh pergantian demi memberikan para pemainnya jam terbang yang cukup.

"Pergantiannya 12. Saya akan kasih kesempatan kepada seluruh pemain untuk tampil. Ada manfaatnya juga. Saya bisa jaga kebugaran pemain," ucap RD.

Diterapkannya 12 kali pergantian ternyata merupakan usulan dari pihak Gamba. Klub yang berbasis di Osaka ini, merasa pemainnya sangat kelelahan.

"Pergantian yang banyak membuat saya sedikit lega. Pemain memang cukup kelelahan karena perjalanan. Dan mereka juga harus adaptasi dengan cuaca di sini," ujar manajer Gamba, Kenta Hasegawa.

Persija akan menggunakan 28 pemain di pertandingan nanti. Sedangkan, Gamba membawa 24 penggawanya untuk menghadapi Macan Kemayoran. Minus Yasuhito Endo, Masaaki Higashiguchi, dan Yasuyuki Konno, yang masih membela timnas Jepang di Piala Asia.

Baca juga:

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Kalah Taruhan, Legenda Chelsea Terpaksa Tato Wajah Torres

Ronaldo Masih Jomblo, Ini Kriteria untuk Jadi Pacarnya

Klub Ini Denda Pemain Jika Tukar Kostum Lawan MU

Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016