Utak-atik Strategi Persija untuk ISL Musim 2015

Persija Jakarta vs Gamba Osaka
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016
Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, terus mematangkan strategi permainan yang akan diusungnya di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim 2015. Terbaru, RD mematangkan strategi dengan menggunakan dua striker sekaligus.

Semen Padang Belum Jawab Tawaran Uji Coba dari Persija

Di masa pramusim, mantan arsitek Arema Cronus dan Persebaya ini hanya menggunakan dua formasi yang mengandalkan penyerang tunggal. Keduanya adalah 4-1-4-1 dan 4-2-3-1.
Juara Trofeo, Persija Makin Pede Tatap ISC


Formasi pertama dinilai RD cukup bagus untuk mendominasi penguasaan bola. Namun, dari sisi efektivitas, masih memiliki kekurangan. Sedangkan formasi 4-2-3-1 menjadi acuan awal mengingat banyaknya stok di lini tengah.


"Di sisa waktu, saya fokus mematangkan organisasi permainan tim. Menggunakan segala macam skema, termasuk dua striker," kata RD.


Dalam beberapa sesi latihan, RD memang kerap memasangkan Bambang Pamungkas dengan Yevgeni Kabaev. Keduanya ditugaskan untuk menunggu bola di garis tengah atau sepertiga lapangan lawan.


"Skema permainan akan terus dimatangkan. Sabtu lusa, kami akan gelar
game
internal untuk mematangkan semuanya. Baru Selasa 3 Februari 2015, kami uji coba dengan Barito Putera di Stadion Utama Gelora Bung Karno," ucap pelatih 48 tahun ini.


Sementara itu, terkait 2 lawan uji coba tambahan di Februari 2015, RD mulai bisa bernapas lega. Pasalnya, Presiden Persija, Ferry Paulus, sudah mendapatkannya.


Macan Kemayoran dipastikan akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Jawa tengah pada 5 hingga 12 Februari 2015. "Di sana uji coba lawan PSIS Semarang dan satu lagi, Persis Solo. Sebenarnya banyak tawaran uji coba dari tim Jawa Tengah," ungkap Ferry.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya