Deretan 18 'Jenderal Lapangan Hijau' di ISL Musim 2015

Kapten Persija Jakarta, Bambang Pamungkas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Kapten jadi salah satu elemen penting dalam sebuah tim. 18 klub yang akan tampil di Indonesia Super League (ISL) musim 2015 pun sudah menunjuk siapa jenderal mereka di lapangan hijau nanti.

Kick off ISL yang akan digelar pada 21 Februari 2015 tinggal menunggu hari saja. Berbagai persiapan akhir pun sudah dilakukan klub-klub kompetisi kasta terelite Indonesia tersebut.

18 pemimpin klub di atas lapangan pun sudah bisa terlihat dari beberapa laga pramusim. Sejumlah nama tenar masih dipercaya untuk menggunakan ban kapten oleh klub-klub yang diperkuatnya.

Seperti Persija Jakarta yang kembali menunjuk Bambang Pamungkas sebagai kapten, meski baru kembali usai membela Pelita Bandung Raya, musim lalu. Selama pramusim, Rahmad Darmawan menunjuk Bepe jadi kapten di setiap ujicoba saat sang penyerang bermain.

Selanjutnya



Selain itu, ada nama-nama langganan menjadi kapten macam Muhammad Roby (Barito Putera), Firman Utina (Persib Bandung), Ponaryo Astaman (PSM Makassar), Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), Hengki Ardiles (Semen Padang), dan Boaz Solossa (Persipura Jayapura) masih dipercaya jadi pemimpin timnya saat bertanding.

Bima Sakti Tukiman menjadi kapten tertua yang tercatat di ISL musim 2015 ini. Pria jebolan PSSI Primavera yang kini berusia 39 tahun itu masih dipercaya sebagai pemegang ban kapten Gresik United, meski berstatus pemain baru.

Jika pemain-pemain di atas merupakan pemain yang biasa dipercaya menjadi kapten, ada tiga pemuda yang kini dipercaya untuk mengisi posisi tersebut. Bayu Gatra dan Arthur Barrios Bonai (23 tahun) dipercaya menjadi kapten Bali United Pusam dan Perseru Serui.

Sedangkan satu nama lagi yaitu Titus Bonai yang dipercaya Benny Dollo untuk menjadi kapten Sriwijaya FC, meski berstatus pemain bengal dan ada pemain-pemain lain macam Raphael Maitimo, Asri Akbar, atau Syakir Sulaiman.

Kini, ada dua nama kiper yang juga didapuk sebagai kapten tim. Keduanya pun kiper veteran yaitu Jendri Pitoy oleh Persebaya Surabaya dan Choirul Huda bersama Persela Lamongan.

Meski didominasi nama-nama lokal, ada dua klub yang mempercayakan posisi kapten kepada legiun asing yaitu Persiram Raja Ampat (Mbida Messi asal Kamerun) dan Persiba Balikpapan (Antonio Teles dari Brasil).

Dua klub yang masih belum jelas siapa kaptennya adalah Pusamania Borneo FC dan Pelita Bandung Raya. PBFC kemungkinan besar akan menunjuk eks bek timnas, Hamka Hamzah, sebagai kapten tim. Namun, PBR masih belum jelas karena sejumlah pemainnya belakangan hengkang. (one)

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Baca juga:

Jerseynya Dianggap Hasil Jiplakan, Ini Kata Manajemen Arema

Depak Pemain Spanyol, Mitra Kukar Gaet Eks Bomber Sunderland

VIDEO: Cinta Jadi Roh ISL 2015
Didepak Persib, Belencoso Masuk Radar Persija?
Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016