Profil Klub ISL 2015: Ujian Berat Semen Padang di Awal Musim

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
VIVA.co.id -
Kabau Sirah Ingin Berikan Kado di HUT Kota Padang ke-347
Semen Padang menghadapi awal musim Indonesia Super League (ISL) dengan penuh perubahan. "Kabau Sirah" tertatih-tatih selama persiapan di pramusim kemarin.

Dominan, Semen Padang Malah Dipermalukan Pra PON Kaltim

Imbas dari hasil buruk di turnamen Piala Walikota dan Surya Citra Media (SCM) Cup adalah pemecatan pelatih kepala SP, Jafri Sastra. Eks pelatih, Nil Maizar, pun dipulangkan ke Stadion Haji Agus Salim.
Semen Padang vs Pra PON Kaltim Belum Hasilkan Gol


Ekspektasi besar memang disematkan pada pundak Semen Padang di musim 2015 ini. Ambisi untuk meraih prestasi lebih baik dari peringkat empat ISL musim 2010-11 menjadi pelecut.

Musim kemarin, Semen Padang harus puas hanya masuk babak delapan besar ISL karena kalah bersaing dengan Persib Bandung dan Pelita Bandung Raya. Hasil yang lebih baik pasti jadi incaran.

Kondisi finansial yang stabil, karena disokong oleh perusahaan industri semen nasional, dan infrastruktur yang sudah siap membuat Semen Padang tidak terlalu bermasalah dari segi verifikasi.


SP sendiri tidak terlalu merubah bentuk tim. Tercatat hanya lima pemain yang sudah resmi bergabung, di antaranya dua pemain asing Yoo Hyun-goo (Korea Selatan) dan Goran Gancev (Masedonia), melengkapi kehadiran bintang lini tengah mereka, Esteban Vizcarra.


Vendry Mofu pun berhasil dipulangkan setelah musim lalu hijrah ke Sriwijaya FC. Irsyad Maulana pun berhasil direkrut dari Arema Cronus, menggantikan kepergian David Pagbe ke Balu United Pusam. Nerius Alom pun dipromosikan ke tim utama setelah menjadi Pemain Terbaik ISL 2014 kemarin.


Bukan dari segi non-teknis, yang mengkhawatirkan adalah performa Semen Padang di atas lapangan hijau. Hanya bisa menempati peringkat tiga Piala Walikota dan gagal meraih kemenangan di SCM Cup meski tampil di depan publik sendiri.


Kehadiran Nil Maizar pun belum terbukti ampuh betul mengubah nasih tim kebesaran Sumatera Barat tersebut. Terakhir, mereka hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan klub Liga Singapura, Home United, pada 14 Februari 2015 kemarin.


Perbaikan harus segera dilakukan oleh Semen Padang jelang kick-off laga pertama mereka lima hari ke depan. Pada laga perdana ISL musim 2015 nanti, Semen Padang akan langsung menghadapi lawan yang cukup kuat pada dua laga pertama mereka yang berstatus tandang.


Semen Padang akan menghadapi Barito Putera lebih dulu pada 22 Februari 2015, sebelum menghadapi Persija Jakarta lima hari berselang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.


DATA KLUB:

Nama Lengkap: Semen Padang FC

Julukan: Kabau Sirah

Didirikan: 1980

Stadion: Haji Agus Salim, Padang, Sumatera Barat

Kapasitas: 20.000

Manajer: Asdian

Pelatih: Nil Maizar

Asisten Pelatih: Delfi Adri


PRESTASI:

Piala Galatama: 1992

Indonesia Premier League: 2011-12


SUSUNAN PEMAIN:

Kiper: Rachmanuddin, Putra Syabilul Rasad, Jandia Putra, Fakrurrazi


Bek: Novan Sasongko, Hengky Ardiles, Saepulloh Maulana, Seftia Hadi, Zulchrizal Abdul Gamal, Gitra Yudha Furthon


Tengah: Yoo Hyun-Go,  Rudi, Eka Ramdani, Vendry Mofu, Nerius Alom, Ricky Ohorella, Hendra Bayauw, Leo Guntara, Esteban Vizcarra, Safrial Irfandi


Depan: Airlangga Sucipto, Nur Iskandar, Gugum Gumilar Agnef, Syafantri, Irsyad Maulana, Goran Gancev


Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Tengah Pekan

Calon Pemain Persib Pernah Bikin Kaka Diusir Wasit

LFP Selidiki Nyanyian ‘Ronaldo Mabuk’ Fans Barcelona

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya