Momen Ketika Sepakbola 'Tergusur' dari SUGBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pro dan kontra terkait penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) terus mengalir. Banyak yang mengecam stadion yang sejatinya diperuntukkan bagi olahraga, kini lebih banyak digunakan kegiatan lain.

Yang saat ini tengah hangat dibicarakan adalah konser One Direction yang akan digelar di SUGBK, 25 Maret mendatang. Konser ini dikecam beberapa suporter timnas Indonesia, karena mengancam laga Kualifikasi Piala Asia U-23 yang digelar 27 hingga 31 Maret mendatang.

Muncul kekhawatiran rumput stadion akan rusak dan akhirnya lapangan tak layak pakai. PSSI pun sudah bersiap dengan rencana pemindahan venue kualifikasi ke tiga kota, yaitu Bali, Palembang, dan Solo.

Namun, setelah PSSI berkoordinasi dengan AFC, laga kualifikasi akhirnya batal dipindahkan. AFC beralasan waktu yang mepet tidak cukup untuk pihaknya memverifikasi stadion lain.

Kini, PSSI dan pihak terkait harus bekerja keras untuk memastikan rumput dalam keadaan "sehat" setelah konser digelar. Tak hanya itu, stadion juga wajib dalam kondisi siap untuk menggelar pertandingan internasional.

Namun, ini bukan yang pertama kali kegiatan di luar olahraga yang membuat pertandingan sepakbola harus "terusir" dari SUGBK. Ada sejumlah pertandingan, baik timnas atau klub ISL, yang akhirnya dipindah karena kegiatan lain.

Berikut beberapa kegiatan yang membuat laga sepakbola harus tergusur dari SUGBK:

Timnas U-23 versus Partai Politik

Pada 2011, timnas Indonesia U-23 harus "menyingkir" dari SUGBK. Garuda Muda dipaksa pindah tempat latihan ke Cilegon untuk persiapan SEA Games 2011. Sebab, ketika itu SUGBK dijadwalkan menggelar ulang tahun salah satu partai politik.

Persija versus Lady Gaga

Persija juga pernah merasakan kepedihan saat kembali tergusur ke Manahan Solo pada 2012. Ketika itu, Persija tak bisa memakai SUGBK karena konser Lady Gaga. Namun, akibat mendapat banyak protes, konser Lady Gaga akhirnya batal dilaksanakan.

Persija Jakarta versus K-POP

Tak hanya timnas, Persija Jakarta juga pernah menjadi korban. Pada 2013, Persija harus pindah ke Stadion Manahan, Solo, saat menjamu Persela Lamongan. Sebab, satu hari sebelum pertandingan SUGBK dipakai konser Korean Pop (K-pop) dalam tema KBS Music Bank World Tour 2013.

Timnas U-23 versus One Direction

Terbaru adalah kisruh timnas U-23 dengan One Direction. Laga timnas U-23 untuk kualifikasi Piala Asia terancam yang dimulai 27 Maret dipindah ke tempat lain. Sebab, dua hari sebelumnya SUGBK dipakai untuk acara konser boyband asal Inggris tersebut. Namun, setelah berkoordinasi dengan AFC, laga kualifikasi akhirnya tetap digelar di tempat yang sama. (art)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

![vivamore="Baca Juga :"]

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

10 El Clasico Terakhir, Barcelona atau Madrid Lebih Unggul?

Striker Barcelona Ungkap Titik Kelemahan Madrid

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini

"Liverpool Termotivasi, MU Tertekan"

[/vivamore]
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016