Polda Sumsel dan Jatim Kompak Tak Keluarkan Izin untuk ISL

Pemain Sriwijaya FC, Titus Bonai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

VIVA.co.id - Sejumlah partai lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) atau QNB League 2015 terancam batal digelar. Kepolisian di daerah kompak untuk tidak mengeluarkan izin keramaian.

LIVE MATCH: Babak I, Sriwijaya Bombardir Gawang PS TNI

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) misalnya. Pihak keamanan tak mengeluarkan izin untuk pertandingan Sriwijaya FC melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu 3 Mei 2015. Mereka mendapat intruksi dari Mabes Polri lewat telegram rahasia setelah menerima surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Ini kami baru mendapat informasi. Jadi informasi ini perintah langsung Mabes Polri melalui telegram rahasia," ujar Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Djarod Padakova, Jumat, 24 April 2015.

20 Bonek Tak Bisa Pulang, Polisi Belikan Tiket Kereta

Ketika disinggung mengenai sampai kapan larangan tersebut berlangsung, Djarod mengaku belum tahu. Pihaknya masih menunggu dan mengikuti informasi selanjutnya.

Ia lantas menghimbau kepada pengelola lapangan agar tidak memberikan izin untuk menggelar pertandingan. Dia juga berharap pihak yang bersangkutan agar tidak menjual tiket pertandingan yang akan digelar.

Persija Ajukan Banding atas Putusan DRC FIFA

"Tetapi memang sampai saat ini juga belum ada yang mengajukan izin untuk pertandingan itu. Mungkin pihak panitia pelaksana lokal sudah mengerti dan mengetahui keputusan tersebut."

Langkah serupa juga diambil Polda Jawa Timur. Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Anas Yusuf menegaskan, tidak akan memberikan izin untuk lanjutan ISL di wilayahnya. Bahkan, Anas akan menindak tegas jika pertandingan tetap digelar atau ada upaya penyimpangan.

"Kami selaku aparat pemerintah hanya menjalankan kebijakan pemerintah, biar negara ini teratur," kata Anas Yusuf di Mapolda Jatim, Jumat, 24 April 2015.

Anas juga mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan para Kapolres se-Jawa Timur untuk meneruskan intruksi Kapolri terkait larangan ini.

"Panpel pertandingan juga kami ingatkan untuk tidak memaksa menggelar pertandingan," ujarnya menegaskan.

Jika merunut pada jadwal dari PT Liga Indonesia, Jatim akan menggelar sejumlah pertandingan lanjutan ISL. Di antaranya, Persebaya Surabaya akan menjamu tim tamu, Persiba Balikpapan di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Lalu Persegres Gresik United akan menjamu PSM Makassar di Stadion Petrokimia, Gresik, Minggu 26 April 2015.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya