PT Liga dan Klub Sepakat Gelar Turnamen Sela

Joko Driyono
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- PT Liga Indonesia dan perwakilan klub peserta Indonesia Super League (ISL) sepakat untuk mengadakan turnamen sela sebagai respons atas diberhentikannya QNB League 2015. Keputusan tersebut disepakati setelah PT Liga selaku operator kompetisi dan perwakilan 18 klub menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu, 13 Mei 2015.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Turnamen ini diadakan dengan tujuan untuk menyelematkan para pemain yang hingga saat ini tidak memiliki kejelasan terkait kontrak mereka, dan juga perjanjian kerjasama klub-klub dan juga PT Liga dengan pihak sponsor.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


"Agenda RUPS tadi menyetujui adanya agenda turnamen
pre-season
di periode Mei sampai Agustus," ujar CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono kepada wartawan.


Turnamen yang masih sedang dalam tahap pematang konsep ini ditargetkan bisa digelar dua pekan ke depan. Nantinya 18 klub yang ada akan dibagi ke dalam tiga grup dan bermain dengan sistem kandang-tandang. Kemudian akan diambil 16 klub untuk mengikuti fase selanjutnya, yang dimainkan dengan sistem gugur hingga babak final.


"Arema Cronus, Persipura, dan Persib Bandung akan menjadi tim unggulan sehingga tidak mungkin tergabung dalam satu grup. Klub sisanya akan dibagi dengan melihat nilai jual, karena kami mempertimbangkan level kompetitif masing-masing grup," kata Joko.


Sebanyak 18 klub yang akan ikut serta dalam turnamen ini akan mendapat guyuran kontribusi komersial dari PT Liga. Masing-masing akan mendapat Rp1 miliar rupiah di babak grup, kemudian Rp500 juta sejak babak 16 besar hingga empat besar.


Bagi klub yang masuk ke final jatah tersebut berkurang menjadi Rp250 juta saja. Hanya saja, mereka sudah ditunggu dengan hadiah Rp1 miliar bagi yang keluar sebagai juara pertama, dan juara kedua mendapatkan Rp500 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya