Batalnya QNB Championship Cup Rusak Mental Pemain Persib

Pemain Persib Bandung, M Ridwan, di AFC Cup
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id - Keputusan PT Liga Indonesia membatalkan turnamen pra-musim QNB Indonesia Champions Cup 2015 membuat skuad Persib Bandung meradang. Di tengah tak adanya jadwal pertandingan di kompetisi resmi di dalam negeri, turnamen tersebut awalnya menumbuhkan harapan besar.

Ya, lewat turnamen tersebut manajemen, staf pelatih, dan pemain Maung Bandung sempat sedikit bisa tersenyum. Paling tidak dengan adanya agenda pertandingan, pemain dan pelatih tak menghabiskan waktunya di lapangan dengan berlatih dan beruji coba.

Lewat turnamen itu pula, manajemen Persib punya peluang 'berjualan' belasan sponsor mereka yang sejauh ini masih cukup setia. Sayang tak adanya restu dari BOPI membuat PT Liga harus menyampaikan kabar 'buruk' jika turnamen yang dinantikan seluruh klub dan publik sepak bola Indonesia itu batal digelar.

"Setelah tahu turnamen tersebut dibatalkan, sangat saya rasakan bagaimana anak-anak (pemain) cukup down. Apalagi informasinya didapat ketika para pemain sedang menjalani latihan sore," ungkap Djanur.

Djanur bahkan menggambarkan kabar 'buruk' pembatalan kompetisi itu seperti membuat timnya baru saja menelan kekalahan menyakitkan dalam sebuah pertandingan.

Bus Rombongan Persib Kecelakaan

"Saat berada di dalam bus, pandangan para pemain terlihat kosong. Mungkin sekarang mereka mulai merasa kehilangan gairah. Ini sangat mengganggu psikologis pemain," ungkap Djanur.

Meski begitu, Djanur mengharapkan para pemain tidak larut dalam kekecewaan karena yang harus disadari sekarang mereka masih punya tugas besar untuk menjaga nama baik klub dan Indonesia di level Asia. Apalagi kalau bukan duel kontra juara Liga Hong Kong, Kitchee SC di babak 16 besar AFC Cup 2015.

"Sekarang yang harus kita lakukan adalah fokus ke tanggal 27 Mei (lawan Kitchee). Saya kira itu yang lebih penting. Kita jangan pikirkan dulu urusan selain pertandingan lawan Kitchee. Mudah-mudahan pemain tidak larut dalam kekecewaan. Mudah-mudahan bisa mencapai target," imbuhnya.

PT Liga Indonesia akhirnya membatalkan gelaran QNB Indonesia Champions Cup yang sedianya mulai digelar pada 26 Mei 2015 mendatang, pada hari Rabu, 20 Mei 2015. (Baca Selengkapnya: PT Liga Akhirnya Batal Gelar Turnamen Pramusim)

Pindah Kandang Dinilai Rugikan Persib

Sekretaris PT Liga, Tigorshalom Boboy, mengatakan pihaknya selaku operator telah mengusahakan berbagai cara untuk  menggelar turnamen yang akan diikuti 18 klub itu. Namun, upaya mereka mentok pada level permohonan rekomendasi pertandingan kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Bus Persib alami kecelakaan di tol Bekasi-Cikampek

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Beruntung, tak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016