Piala Presiden 2015

Ini Cara Mahaka Tentukan 'Pemain Terbaik' di Piala Presiden

Penyerang Persib, Ilija Spasojevic di laga melawan Persiba Balikappan
Sumber :
  • ANTARA/ Agus Bebeng

VIVA.co.id - Mahaka Sports and Entertainment telah memutuskan format pemilihan pemain terbaik pada turnamen Piala Presiden. Meski baru memasuki fase 8 besar, namun rencana yang mereka rumuskan bisa dibilang metode baru dalam sepakbola di Tanah Air.

CEO Mahaka Hasani Abdulgani mengatakan, pihaknya masih merumuskan nama-nama yang akan dinominasikan untuk menjadi pemain terbaik. Menurut dia, penilaian utama ialah klub yang dibela harus bisa melangkah jauh di Piala Presiden minimal hingga babak semifinal.

Piala Presiden Bakal Kembali Digelar Pertengahan 2016

"Sekarang kami godok untuk nominasinya dulu. Kita lihat dari babak penyisihan, tapi saya berpikir lihat prestasinya juga. Kalau jago tidak berprestasi buat apa," kata pria berkacamata tersebut.

Nantinya, akan ada 3 nama yang menjadi kandidat pemain terbaik. Proses selanjutnya ketiga nama tersebut akan diserahkan kepada 19 pemilik suara yang terdiri dari 16 pelatih yang klubnya berlaga di Piala Presiden, 2 orang yang ahli dalam sepakbola, dan 1 perwakilan Mahaka.

"Akan ada nominasi, mungkin 3 nominasi dan kita minta ke pelatih 16 tim untuk memberi vote. Ditambah 2 expert sepakbola pilihan kita dan 1 orang Mahaka," ujar Hasani menambahkan.

Terkait alasan pemain yang masuk menjadi kandidat harus bisa membawa klubnya berprestasi, Hasani memiliki alasan cukup kuat. Menurut dia, Mahaka enggan menilai pemain bagus melalui skill individu saja. Pasalnya, untuk sisi tersebut, sudah diwakilkan melalui penghargaan pencetak gol terbanyak.

Piala Jenderal Sudirman Dicemari Pengaturan Skor?

"Kalau bicara tentang individu kan nantinya ada top scorer, jadi tidak ada guna pemain terbaik kalau kita masih terapkan sistemnya seperti top scorer."

(mus)

Indonesia Championship Torabika 2015
Skuad Barito Putera pada acara peluncuran tim untuk ISL 2015

Meski Vakum Lama, Pemain Barito Putera Tetap Setia

Pemain Barito Putera banyak yang dipinjamkan ke klub lain.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2016