Piala Presiden 2015

Mahaka Beberkan Mekanisme Pemilihan Wasit Semifinal

Pemain Persebaya di pertandingan Piala Presiden 2015
Sumber :
  • ANTARA/ Agus Bebeng
VIVA.co.id
Comeback Apik Persebaya Lawan Persiba
- Turnamen Piala Presiden sudah bergulir hingga babak semifinal. Akan tetapi, sepanjang perjalanannya, tidak sedikit klub yang mengeluhkan minimnya kualitas wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

Persebaya Tertinggal dari Persiba di Babak I

Kasus terakhir yang mencederai kualitas turnamen ialah mundurnya Bonek FC di babak 8 besar lalu tatkala bertandang ke markas Sriwijaya FC. Klub berjuluk Bajul Ijo memilih
Persiba Degradasi, Kiper Timnas U-23 Laris Manis Diburu
walk out karena tidak puas dengan keputusan yang diambil oleh wasit Jerry Elly.


Untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa, Mahaka Sports and Entertainment, selaku operator menyiapkan formula baru. Nantinya wasit-wasit yang muncul sebagai kandidat kuat pemimpin pertandingan akan terlebih dulu diseleksi oleh empat klub yang berlaga di babak semifinal.


Formula baru tersebut prosesnya akan bermula dari daftar 25 wasit yang diberikan oleh Mahaka kepada perwakilan empat klub. Lantas nama dalam daftar itu akan mengerucut menjadi 10 orang saja.


"10 nama ini yang akan kami kasih ke Komisi Wasit untuk ditunjuk memimpin salah satu pertandingan di semifinal. Jadi bukan klub yang memilih wasit yang memimpin pertandingan mereka," ujar CEO Mahaka, Hasani Abdulgani ketika dihubungi
VIVA.co.id,
Kamis 1 Oktober 2015.


Pernyataan Hasani di atas tersebut sekaligus membantah adanya isu miring jika Mahaka mulai melunak terhadap tuntutan klub peserta Piala Presiden. Dia juga menegaskan metode perahasiaan nama wasit sampai pertandingan digelar seperti yang dilakukan sebelumnya tetap akan dipakai.


"Sistemnya tetap akan dirahasiakan sampai pertandingan. Cuma saya juga akan mengawal supaya Komisi Wasit tidak memilih di luar kandidat yang ada," tegas dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya