Menpora Tanggapi Wacana Turnamen Baru Besutan Mahaka

Menpora, Imam Nahrawi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenpora
VIVA.co.id
Dicela Bangsa Sendiri, Kostum Indonesia Dipuji Dunia
- Dalam waktu dekat, sepakbola nasional bakal kembali diramaikan dengan turnamen lainnya. Mahaka Sports and Entertainment bermaksud menggelar turnamen baru bertajuk Indonesia Championship Piala Sudirman.

Menpora: Atlet-atlet Indonesia Siap Berjuang di Olimpiade

Turnamen tersebut rencananya digelar pada 14 November 2015 hingga Januari 2016. Diketahui pula, Mahaka sudah menyebar surat undangan kepada 16 klub Liga Super Indonesia (ISL), minus Persiram Raja Ampat dan Perseru Serui.
PSSI Tidak Persoalkan Besaran Dana dari Pemerintah


Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyatakan sudah mengetahui rencana tersebut. Imam menyatakan bakal mendukung digulirkannya Piala Sudirman.


"Diharapkan ini menjadi contoh kedua dari Piala Presiden. Saya mau sepakbola kembali bergeliat dan diharapkan ada contoh perubahan tata kelola sepakbola yang baik seperti transparansi keuangan, wasit yang bersih, dan pertandingan
fairplay
," kata Imam saat ditemui di kantornya, Jumat 23 Oktober 2015.


Tak cuma Piala Sudirman, politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut juga ingin menggulirkan beberapa turnamen lain di masa mendatang. Kemungkinan, turnamen-turnamen tersebut dihelat pada medio Januari hingga Maret 2016.


Pertanyaannya, kenapa turnamen terus? Bukankah menggulirkan kompetisi akan lebih bermanfaat karena memiliki dampak jangka panjang terhadap perkembangan pemain?


"Maunya kompetisi. Tapi, kan federasi lagi beku. Kompetisi bisa digulirkan jika semuanya siap. Jangan sampai ada indikasi pengaturan skor dan suap. Wasit bersih, penonton bisa dikendalikan, dan lain-lain. Piala Presiden bisa jadi contohnya," tutur Imam. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya