Piala Jenderal Sudirman

Cedera Parah, Zulham Zamrun Terancam Absen 8 Bulan

Zulham Zamrun saat juara Piala Presiden dengan Persib
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anry Dhanniary
VIVA.co.id
5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman
- Masalah demi masalah terus menghampiri Persib Bandung jelang bertarung di turnamen Piala Jenderal Sudirman. Terkini, salah satu pemain andalan Maung Bandung, Zulham Zamrun, kemungkinan bakal absen di turnamen ini karena mengalami cedera dan kemungkinan harus istirahat panjang.

Peluang Juara Kecil, Persib Targetkan Finis 4 Besar TSC

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Tim Persib, Raffi Ghani, setelah pihaknya melakukan pengecekan cedera lutut Zulham lewat hasil MRI yang dilakukan Pemain Terbaik Piala Presiden 2015 tersebut di Makassar. "Cederanya memang cukup serius, kita perkirakan butuh waktu pemulihan 6-8 bulan," ungkap Raffi.
Bomber Persib Tepikan Ego Saat Hadapi Persela


Meski begitu, Raffi mengungkapkan jika Zulham akan melakukan pemeriksaan MRI kedua untuk memastikan hasil akhir. "Rencananya, Zulham akan melakukan pemeriksaan lagi melalui MRI. Dia memang belum percaya sepenuhnya harus istirahat begitu lama, makanya akan melakukan pemeriksaan lagi," terang Raffi.


Dari hasil MRI pertama dijelaskan Raffi jika otot ligamen Zulham mengalami robek saat membela Persipare Parepare di laga semifinal Habibie Cup 2015 melawan Gasma Enrekang di Stadion Gelora Mandiri, Parepare, Sabtu, 7 Oktober 2015.


Jika hasil pemeriksaan kedua sama, maka kata Raffi, langkah terbaik yang harus dilakukan Zulham adalah melakukan proses operasi. "Kalau hasil pemeriksaan kedua sama yaitu menunjukkan otot ligamennya memang robek, langkah terbaik adalah menjalani operasi," terang Rafi.


Kendati diprediksi bakal istirahat panjang, namun Persib tetap mendaftarkan nama Zulham di Piala Jenderal Sudirman. Apalagi, pihak Persipura Jayapura kabarnya telah menerbitkan
release letter
sebagai salah satu syarat untuk mengesahkan proses kepindahan Zulham dari Persipura ke Persib.


Terkait cedera yang dialami Zulham ini, kendati cukup terpukul, namun Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman berharap Zulham bisa pulih lebih cepat dari yang diperkirakan dokter. "Siapa tahu dan mudah-mudahan bisa pulih lebih cepat dari yang diprediksi," ungkap Djanur.


Jauh hari sebelumnya, Manajer Persib Umuh Muchtar sebenarnya sudah merasa waswas keputusan para pemain tampil di Habibie Cup akan menimbulkan masalah cedera. Bahkan, kala itu Umuh mengaku, kurang setuju dengan keputusan lima pemain Persib yakni Zulham, Abdulrahman, Firman Utina, Makan Konate dan Jajang Sukmara memenuhi undangan main di 'tarkam' elite tersebut.


Kekhawatiran itu akhir terbukti nyata, selain Zulham yang mengalami cedera serius. Jajang Sukmara pun pulang ke Bandung dengan membawa kabar cedera. Meski tak separah seperti yang dialami Zulham, namun Jajang tetap membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kondisinya.


Kondisi ini membuat persiapan Maung Bandung menghadapi Piala Jenderal Sudirman terasa banyak kendala. Sebab, sebelumnya Persib pun harus rela kehilangan Vladimir Vujovic yang menolak gabung. Lalu, Shahar Ginanjar yang memilih membela Mitra Kukar dan M Ridwan yang masih berkutat dengan cedera yang dialaminya saat melakoni laga perdana di Piala Presiden 2015. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya