Piala Jenderal Sudirman

6 Momen Patrich Wanggai 'Ribut' dengan Wasit Iwan Sukoco

Pemain Sriwijaya FC coba tenangkan Patrich Wanggai
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka
VIVA.co.id
Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
- Ada keributan terjadi di tengah laga Piala Jenderal Sudirman antara Sriwijaya FC melawan Persija Jakarta, Rabu malam, 25 November 2015, ketika Patrich Wanggai melemparkan protes keras terhadap wasit Iwan Sukoco.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih
Pertandingan memanas pada babak pertama tepatnya menit ke-23 saat Patrich tampak memprotes keputusan wasit yang memberikannya kartu kuning usai melanggar keras pemain Persija, Novri Setiawan. Tampak dari gestur Patrich,  yang menunjukkan dia baru melakukan satu kali pelanggaran dan belum pantas langsung diganjar kartu kuning.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo
Wasit Iwan Sukoco saat kartu kuning Patrich Wanggai

Patrich tampak begitu emosi sehingga harus ditenangkan oleh rekan-rekannya seperti Ferdinand Sinaga maupun sang kapten tim, Titus Bonai. Namun, tampaknya hal itu tidak berhasil karena Patrich semakin keras melancarkan protes.

Pemain Sriwijaya FC, Patrich Wanggai, saat protes wasit

Pemain Sriwijaya FC, Patrich Wanggai, saat protes wasit

Iwan pun tampak ingin memberikan satu lagi kartu kuning pada Patrich dan sudah coba dihentikan oleh Tibo yang merayu-rayu sang wasit. Tapi, Patrich terus melemparkan kata-kata keras sehingga membuat sang wasit tetap keluarkan kartu merah.

Setelah itu, Iwan pun tampak dengan mudah mengeluarkan kartu untuk pemain kedua tim. Total enam kartu kuning dan dua kartu merah, dibagi rata untuk Persija dan Sriwijaya dari total 26 pelanggaran selama 90 menit.

Pemain Sriwijaya FC, Patrich Wanggai, saat protes pada wasit

Pemain Sriwijaya FC coba tenangkan Patrich Wanggai

Beberapa keputusan Iwan memang patut dipertanyakan selama pertandingan. Selain menganulir gol bersih Pacho Kenmogne karena dinilai offside, Iwan juga tidak memberikan waktu tambahan saat injury time padahal cukup lama kiper Persija, Andritany, alami cedera.

Hal ini pun memancing Ferdinan Sinaga melancarkan protes usai pertandingan. Tampak beberapa kali pemain terbaik Indonesia Super League (ISL) 2014 itu coba mendekati wasit, namun mampu dihalangi oleh pihak keamanan.

Pemain Sriwijaya FC coba lerai Patrich Wanggai dan wasit

Berbicara soal keputusan wasit, asisten pelatih Sriwijaya,  Hendri Susilo memilih agar publik yang menilai soal kepemimpinan Iwan. "Soal itu, soal wasit, saya no comment aja. Kalian (wartawan) dan penonton sudah bisa melihat sendiri dan menilai apa yang terjadi,” kata asisten Benny Dollo tersebut.

Panasnya laga antara Sriwijaya melawan Persija memang bisa dimengerti. Kedua tim sama-sama mengejar kemenangan demi satu tiket lolos ke delapan besar. "Macan Kemayoran" saat ini di posisi dua dengan total 6 poin dari 2 laga, sementara SFC sementara harus puas di peringkat tiga dengan 3 poin dari 3 laga. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya