Piala Jenderal Sudirman

Arema Vs Surabaya United: Berjuang di Tengah Badai Masalah

Pemain Surabaya United
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id - Surabaya United akan menantang kandidat juara Piala Jenderal Sudirman, Arema Cronus dalam lanjutan babak 8, Sabtu 19 Desember 2015 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Target meraih tiga poin tidak akan mudah bagi skuad asuhan Ibnu Grahan, mengingat saat ini mereka tengah diterpa badai masalah.

Setelah memecat tiga pemain pilar, Jendri Pitoy, Pedro Javier, dan Otavio Dutra, kini satu lagi pemain asing mereka, Thiago Furtuoso memilih mengundurkan diri. Mundurnya pemain asal Brasil itu karena rasa solidaritas terhadap rekan-rekannya yang dipecat.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

“Thiago juga memutuskan ikut Dutra. Jadi kami tak lagi punya pemain asing,” kata Sekretaris Tim Surabaya United, Rahmad Sumanjaya membenarkan mundurnya Thiago.

Kehilangan pemain-pemain kunci membuat posisi Surabaya United semakin terkunci. Mereka saat ini berada di dasar klasemen Grup E karena di laga perdana kalah 1-2 dari Pusamania Borneo FC.

Guna menjaga asa meraih tiket ke semifinal, mengalahkan Arema adalah satu-satunya jalan keluar. Dan demi menjaga semangat dan motivasi skuad asuhannya, Ibnu berkoar siap mengalahkan sang lawan, meski tim dalam kondisi yang timpang.

“Kami sudah siap menghadapi Arema, dengan kondisi empat pemain hilang banyak perubahan pastinya. Seperti di posisi stoper kami siapkan Munhar atau Sahrul Kurniawan, lalu striker nanti Fandi Eko Utomo akan berduet dengan adiknya Wahyu Subo Seto,” kata Ibnu.

Di kubu Arema, kondisi tak mengenakkan yang sedang dialami oleh Surabaya United coba untuk dimanfaatkan. Dengan kemenangan di laga nanti, mereka setidaknya bisa memastikan memegang satu tiket ke semifinal.

Kemenangan di laga perdana atas Persipura Jayapura pun menjadi bekal positif Ahmad Bustomi dan kawan-kawan dalam menatap laga melawan Surabaya United. Saat ini mereka berada di peringkat kedua di bawah Pusamania yang sama-sama mengoleksi tiga poin dari satu kali kemenangan.

"Tentu kita secepatnya memastikan lolos ke semifinal dengan mengalahkan Surabaya United. Mereka memang banyak kehilangan pemain, namun disana banyak pemain potensial," kata pelatih Arema Joko ‘Gethuk’ Susilo.

Pada laga nanti, Singo Edan sendiri tidak dapat menurunkan skuad terbaiknya. Juan Revi dan Hendro Siswanto absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu di laga sebelumnya.

Selain itu, bek asal Spanyol, Kiko Insa masih belum bisa dipastikan turun. Pemain yang sudah mencetak dua gol untuk Arema itu sedang dalam kondisi kurang fit. “Kiko tetap masuk line up meski belum tentu diturunkan," beber Gethuk.

5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman

Danurwindo ditunjuk Mahaka sebagai pemantau nominasi ini.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2018