Piala Jenderal Sudirman

Polisi Jaga Ekstra Ketat Duel Arema Vs Surabaya United

Suporter Persebaya 1927
Sumber :
  • ANTARA/Didik Suhartono
VIVA.co.id
5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman
- Arema Cronus akan menghadapi Surabaya United Babak di penyisihan 8 besar group E Piala Jenderal Sudirman di Maguwoharjo, Sabtu malam nanti, 19 Desember 2015. Penjagaan ketat akan dilakukan oleh aparat kepolisian dan TNI, untuk mengantisipasi keributan terjadi.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Pada prinsipnya, kedua pendukung harus tertib. Jika anarkis, akan kita tindak tegas," kata Kapolres Sleman AKBP Farid Zulkarnain.
Pemain Terbaik Piala Bhayangkara Bersyukur Dipanggil Timnas


Sebagaimana diketahui laga akbar antara Arema dengan Surabaya United dipastikan berlangsung ketat. Terlebih, kedua tim memiliki basis massa suporter yang fanatik dan, bahkan saling bermusuhan.


Di kubu Arema ada kelompok suporter Aremania, sedangkan Surabaya United yang sebelumnya bernama Persebaya Surabaya, dan berubah lagi menjadi Bonek FC juga memiliki suporter fanatik, Bonek.


“Kami belajar pada kejadian saat pertandingan pertama lalu. Masih ada kelompok suporter yang melempar botol ke dalam lapangan, atau menyalakan petasan dan flare yang jelas menganggu pertandingan. Terlebih, adanya penyerangan terhadap bus salah satu tim yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Makanya pengamanan nanti akan lebih diperketat,” jelasnya.


Pengamanan yang diperketat, diakui Farid, juga secara tak langsung karena akan datangnya jumlah suporter lebih banyak lagi, khususnya Aremania. Bahkan, Aremania sudah mengajukan permohonan untuk meminta pengawalan dari pihak kepolisian. Rencananya, pengawalan akan dilakukan secara estafet dengan jumlah kendaraan pengawal yang akan disesuaikan dengan kendaraan yang dipakai para suporter.


“Pengawalan akan dilakukan estafet sejak mereka berangkat dari Malang. Nanti, kami jemput di perbatasan di daerah Prambanan. Dengan polres-polres di Jatim juga sudah dilakukan koordinasi terkait pengawalan itu,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua Panpel Lokal PJS, Ediyanto mengonfirmasi kehadiran Aremania yang akan datang ke stadion mencapai 15 ribu orang. Namun, untuk suporter Surabaya United, dia mengaku belum ada yang menghubungi panitia.


“Yang jelas, baru Aremania memesan tiket minimal 15 ribu lembar. Pastinya akan lebih banyak dibanding laga sebelumnya. Untuk penempatan suporter, Aremania akan ditempatkan di tribun timur dan utara. Ada pun Bonek, diberi lokasi di tribun sisi selatan atau barat,” jelasnya.


Ratusan suporter Surabaya United sendiri sudah berdatangan di Kota Yogya dan sekitarnya sejak Kamis kemarin. Secara bergelombang juga akan datang lagi kelompok suporter itu dan selama di Kota Gudeg akan dikoordiniri Bonek Yogya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya