Piala Jenderal Sudirman

Kiper Gemilang, PBFC Kalahkan Persipura Lewat Adu Penalti

Pertandingan Piala Presiden 2015 antara Persib dan Pusamania Borneo FC.
Sumber :
  • ANTARA/ Novrian Arbi
VIVA.co.id
5 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik Piala Jenderal Sudirman
-  Laga penuh drama terjadi di babak 8 besar Grup E Piala Jenderal Sudirman yang mempertemukan Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan Persipura Jayapura. Pesut Etam berhasil menang 4-3 (1-1) lewat adu penalti, dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu 19 Desember 2015.

PBFC Dinyatakan Kalah WO Atas Perseru

Persipura unggul lebih dulu di menit 37, lewat titik penalti. Penalti diberikan usai Ricardo Salampessy handsball di kotak terlarang. Srdan Lopicic yang maju sebagai eksekutor sanggup menunaikan tugasnya dengan baik.
Persipura vs Persija Dipastikan Jadi Partai Pembuka ISC


Persipura mengambil inisiatif serangan di babak kedua. Namun, Mutiara Hitam kesulitan membobol gawang PBFC yang dikawal Galih Sudaryono yang tampil cemerlang.


Upaya dari Lancine Kone masih bisa diamankan Galih. Setelah itu, upaya dari Salampessy belum menemui sasaran.


Selanjutnya, di menit 80, tekanan kembali dilancarkan Persipura. Kali ini, Galih dengan cemerlang menggagalkan tendangan dari Gerald Pangkali. Sebelumnya, kiper 28 tahun ini juga menepis tendangan dari Lancine Kone.


PBFC juga sempat memberikan ancaman. Namun, tendangan bebas dari Lopicic masih melebar dari gawang Ferdiansyah.


Petaka datang untuk Persipura di menit 88. Mutiara Hitam harus bermain dengan 10 orang usai Dominggus Fakdawer diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua.


Persipura nyaris saja mencetak gol di masa injury time. Lagi-lagi, Galih tampil sebagai pahlawan dengan menepis tendangan dari Lukas Mandowen. Laga pun akhirnya dilanjutkan lewat drama adu penalti.


Galih kembali tampil sebagai pahlawan PBFC di babak adu penalti. Dia mampu menggagalkan dua penalti Persipura, Lukas Mandowen dan Ferinando Pahabol. Sementara itu, 4 eksekutor Pesut Etam mampu menjalankan tugasnya dengan baik.


PBFC menang 4-3 lewat adu penalti. Hasil ini membawa tim besutan Kas Hartadi untuk sementara memuncaki klasemen Grup E dengan 5 poin dari 2 pertandingan. Sementra itu, Mutiara Hitam masih tertahan di posisi 3 dengan torehan 1 angka.


Susunan Pemain
Persipura Jayapura:
Ferdiansyah, Rony E Beroperay, Ricardo Salampessy (Andri Ibo 72'), Dominggus Fakdawer, Yustinus Pae, Ian Louis Kabes (Izaac Wanggai 59'), Nelson Alom, Gerald Pangkali, Robertino Pugliara, Osvaldo Haay, Cristopher M Sibi


Pusamania Borneo FC:
Galih Sudaryono, Rizki Pora, Hamka Hamzah, Goran Gancev, Zulvin Malik Zamrun, Ade Jantra, Srdan Lopicic, Arphany (Sandi Sute 78'), Sultan Samma, Wahyudi S Ramisi, Herman Dzumafo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya