Kualifikasi Sepakbola PON 2016 Dialihkan ke Stadion GBLA

Persib lawan Semen Padang saat Stadion Si Jalak Harupat saat mati lampu.
Sumber :

VIVA.co.id -  Asprov PSSI Jawa Barat terpaksa memindahkan lokasi pertandingan kualifikasi cabang olahraga sepakbola PON XIX/2016 ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Ini menyusul ditetapkannya Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung sebagai venue penyisihan turnamen Piala Bhayangkara.

Sebelumnya Stadion Si Jalak Harupat ditetapkan sebagai salah satu venue digelarnya kualifikasi sepak bola Grup A, 20-29 Maret 2016. Namun karena pada saat bersamaan juga akan digelar babak penyisihan Piala Bhayangkara, 17-27 Maret 2016.

Seluruh laga Grup A Pra-PON XIX/2016 yang dihuni Jatim, Banten, DKI Jakarta, Jateng, dan Yogyakarta, kemungkinan besar dipindahkan ke Stadion GBLA. Ketua Asprov PSSI Jabar, Duddy Sutandi, mengatakan pemindahan lokasi Grup A sudah disampaikan kepada seluruh provinsi yang akan bertanding dan pada prinsipnya tidak keberatan.

Pihaknya pun memastikan Bareskrim Mabes Polri memberikan lampu hijau terkait rencana digelarnya kualifikasi sepakbola di Stadion GBLA. Sebab stadion berkapasitas 38 ribu penonton itu masih berstatus sebagai objek penyelidikan Mabes Polri.

"Kami akan alihkan ke Stadion GBLA karena panitia Piala Bhayangkara akan menggunakan Stadion Jalak Harupat. Keputusan ini justru didukung juga oleh tim-tim peserta. Koordinasi dengan Bareskrim pun sudah dilakukan dan Stadion GBLA bisa digunakan untuk menggelar pertandingan kualifikasi PON 2016," kata Duddy.

Meski beberapa titik kerusakan bangunan dari Stadion GBLA belum selesai diperbaiki, namun menurut Duddy hal itu tak akan jadi masalah. Pasalnya, penonton yang hadir juga kemungkinan tidak akan banyak, terpenting kondisi lapangan dan fasilitas lain seperti ruang ganti sudah standar internasional.

Manajer Persib Umuh Muchtar pun menyarankan agar panitia penyelenggara kualifikasi cabor sepakbola PON 2016 memindahkan venue pertandingan dari Stadion Si Jalak Harupat ke GBLA. Langkah ini kata Umuh merupakan pilihan terbaik karena Stadion Si Jalak Harupat tak bisa dipaksakan digunakan untuk dua event sekaligus dalam waktu nyaris hampir bersamaan.

"Mudah-mudahan pertandingan kualifikasi sepakbola PON bisa dilaksanakan di GBLA. Menurut saya GBLA sangat layak, kondisi lapangannya juga sangat bagus, cukup paslah buat pertandingan PON," katanya.

Selain Stadion GBLA, kualifikasi cabor sepakbola PON 2016 akan digelar di lima stadion lainnya di Jawa Barat. Di antaranya Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mashud Wisnusaputra (Kabupaten Kuningan), Stadion Siliwangi (Kota Bandung) dan Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi.
 

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar
Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016