Pelatih Baru PS TNI Belajar di Akademi La Masia Barcelona

Pelatih baru PS TNI, Judan Ali bersama Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson
Sumber :
  • judanali.com

VIVA.co.id - PS TNI telah merekrut seorang pelatih asing untuk menangani Manahati Lestusen dan kawan-kawan di ajang Piala Bhayangkara. Juru taktik bernama Judan Ali itu sudah 2 pekan terakhir memimpin latihan klub berjuluk Timnas Loreng.

"Iya betul. Sudah dua pekan dilatihnya," kata pemain sayap PS TNI, Guntur Triaji kepada VIVA.co.id melalui pesan singkat, Jumat 18 Maret 2016.

Pria berdarah India yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di Inggris tersebut mengenyam pendidikan sepakbola di akademi Arsenal sekitar 1980. Namun, ketika menginjak dewasa, Ali tidaklah cemerlang sebagai pemain.

Dilansir Independent, sosok berusia 42 tahun itu akhirnya mencoba peruntungan belajar kepelatihan di akademi La Masia milik Barcelona. Seusai menimba ilmu di sana, kemudian dia bekerja dengan salah satu klub di Spanyol, Murcia.

Pada 2012 silam, nama Ali sempat digadang-gadang menjadi pengganti Henning Berg sebagai Manajer Blackburn Rovers. Tetapi, setelah media massa Inggris ramai memberitakan, manajemen klub langsung membantahnya.

Setahun kemudian, Ali mencoba peruntungan di Hong Kong. Dia didapuk menjadi pimpinan pengembangan sepakbola di sana. Ali yang memilih fokus pada pengembangan usia dini, diminta untuk membuat program jangka panjang agar bisa membawa tim nasional berlaga di Piala Dunia.

Setelah 2 tahun bekerja untuk federasi setempat, Ali direkrut oleh salah satu klub papan atas Hong Kong, Kitchee SC. Dia ditugaskan melatih tim junior klub yang pernah dibela striker tim nasional Indonesia, Rocky Putiray itu.

LIVE MATCH: Babak I, Sriwijaya Bombardir Gawang PS TNI


Menginspirasi  Film Bollywood

Dhan Dhana Dhan Goal dirilis pada 2007 silam. Film bertemakan komunitas Asia Barat yang tinggal di London, Inggris tersebut, sebagian jalan ceritanya terinspirasi oleh perjuangan Ali dalam menapak karier sebagai pesepakbola.

Di dalam film itu, diceritakan pula bagaiaman perjuangan Ali menembus seleksi masuk akademi The Gunners. Dia bersaing dengan 20 ribu anak-anak lainnya yang memiliki cita-cita menjadi pesepakbola profesional.

Ali mengakui, dengan film tersebut, dia berharap mampu menularkan rasa optimistis kepada anak-anak di India yang ingin meniti karier sebagai pesepakbola. Dia merasa setiap orang memiliki peluang untuk mengecap kompetisi bergengsi di mana saja.

Selain itu, Ali juga memiliki mimpi besar lainnya bagi India. Dia berharap, suatu hari kelak dapat melihat Timnas India lolos dari kualifikasi Piala Dunia.

"Saya sudah membuktikan hal itu dapat dilakukan di tingkat anak muda, dan saya bertekad membawa hal itu ke tingkat senior di kancah internasional. Kesempatan itu harus muncul," tegasnya.

Dikalahkan PS TNI, Rekor Gemilang Arema Terputus
Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016