Turnamen IIC Resmi Dibatalkan

VIVAnews - Turnamen antarpulau atau Inter Island Club (IIC) dibatalkan oleh PT Liga Indonesia. Ada dua penyebab pembatalan, terkait masalah kesiapan dan komersialitas.

PT Liga menganggap dua klub peserta IIC, Persipura Jayapura dan Persib Bandung, belum siap. Kalau pun mencari klub pengganti, BLI menghindari polemik.

Kedua, secara komersial kompetisi ini dinilai belum siap. "Tadinya kompetisi ini akan diambil televisi swasta dan mereka inginnya sesudah bulan puasa. Tapi, itu bentrok dengan jadwal training camp timnas (ke Pra Piala Asia)," ujar CEO Liga, Djoko Driyono kepada wartawan di kantornya Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 28 Agustus 2009.

Pembatalan ini dinilai cukup disayangkan. Pasalnya, ide menggelar turnamen ini sangat menarik sebagai pemanasan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010.

Sayangnya, Djoko menambahkan, klub-klub belum siap dengan sistem kompetisi dadakan seperti ini. IIC awalnya akan diikuti lima klub dari lima pulau terbesar di Indonesia.

Mulai dari Persib Bandung (Jawa) yang kemudian diganti Arema Malang, Persipura Jayapura yang diganti Persiwa Wamena (Papua), PSM Makassar (Sulawesi), Persiba Balikpapan (Kalimantan) dan Sriwijaya FC (Sumatera).

Dengan adanya pembatalan ini, maka hanya ada satu pertandingan pramusim yang dilakukan. Yaitu Community Shield antara Sriwijaya versus Persipura. Pertandingan ini dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 4 atau 7 Oktober 2009.

Resep Gampang Masak Nugget Ayam di Rumah, Dijamin Anak Pasti Suka
Presiden terpilih Prabowo Subianto (Dok. Istimewa)

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengatakan, keberlanjutan yang akan diterapkan oleh pemerintahannya kelak tetap melakukan sejumlah perbaikan.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024