Korban Amukan Bobotoh Gegar Otak, Ridwan Kamil Buka Suara

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (20-7-17)

VIVA.co.id – Riko Andrean menjadi korban amukan salah sasaran yang dilakukan Bobotoh pendukung Persib Bandung saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 22 Juli 2017. Akibatnya, dia mengalami gegar otak.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Pria berusia 22 tahun tersebut kini dirawat di Rumah Sakit Santo Yusuf, Cikutra, Bandung. Meski sudah mendapatkan perawatan intensif, namun kondisinya masih mengenaskan.

(Baca juga: Bobotoh Dikeroyok Bobotoh, Begini Ceritanya)

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil buka suara mengenai masalah ini. Dia mengaku kecewa dengan sikap Bobotoh karena tidak mengedepankan sikap sportivitas dalam mendukung Persib.

"Menyesalkan, ini menunjukan contoh pelampiasan emosi yang tidak pada tempatnya, sangat berlebihan," tegas Ridwan Kamil di Bandung Jawa Barat, Senin 24 Juli 2017.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

"Berkali-kali saya sudah ingatkan, sepak bola itu tentang persatuan, sporitivitas, nilai - nilai kemanusiaan, fair play," imbuh pria berusia 45 tahun tersebut.

Insiden yang menimpa Riko terjadi ketika pertandingan Persib vs Persija memasuki jeda paruh pertama. Ketika itu dia berada di tribun atas, dan mendengar ada keributan di bawah.

Karena penasaran dia mencoba turun untuk melihat. Ketika itu ada seorang suporter yang diduga Jakmania sedang dalam ancaman. Ketika Riko datang, suporter itu bersembunyi di belakangnya.

(Baca juga: Mengira Jakmania, Bobotoh Pukul Sesama Pendukung Persib)

Malang bagi Riko, ketika ingin menghindar, Bobotoh lain yang emosi mengiranya sebagai Jakmania. Dia pun dipukuli hingga terkapar seketika.

Melihat Riko tak berdaya, teman-temannya langsung membawa dia ke Rumah Sakit di kawasan Cileunyi. Karena sudah dalam keadaan kritis, dia pun dirujuk untuk menuju Rumah Sakit Santo Yusuf.

Pantauan VIVA.co.id, hingga saat ini keadaan Riko masih parah. Dia mengalami luka di bagian kepala, dan membuatnya harus mendapatkan perawatan intensif. Berbaring di kasur, dia nampak gelisah dan seringkali mengingau.

Pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta akhir pekan kemarin berakhir ricuh. Bobotoh melempari pemain Persija dengan botol usai laga. VIVA.co.id merekam seluruh kejadian di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya