Aktivasi Regulasi Pemain U-23 di Liga 1 Masih Belum Jelas

Pemain Timnas Indonesia U-22.
Sumber :
  • Instagram.com/pssi_fai

VIVA.co.id – Regulasi penggunaan pemain di bawah usia 23 tahun sampai sekarang masih ditangguhkan di Liga 1. Itu menyusul kiprah Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

PSSI menjadi aktor utama dalam penangguhan aturan ini. Dalam surat yang dikeluarkan pada 28 Juni 2017, PSSI berdalih ada dua event yang membuat regulasi ini ditangguhkan.

Itu adalah kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017, Kuala Lumpur. SEA Games 2017 menjadi ajang terakhir bagi Timnas U-22.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Nah, apakah usai SEA Games 2017 regulasi tersebut kembali diaktifkan?

"Di putaran pertama, terbukti, tim saat ini terbentuk dengan cukup bagus. Banyak juga pemain U-22 lainnya jadi bersinar, padahal dahulu tidak dikenal. Itu jadi salah satu hal positif dari penggunaan pemain muda," ujar Direktur Kompetisi dan Operasional PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

"Apakah aturan ini berlanjut atau tidak, itu kewenangan PSSI. Memang, ada durasi waktu (penangguhan) hingga akhir Agustus 2017 di surat itu. Kami selaku operator hanya menjalankan saja," lanjut dia.

Di awal musim, Liga 1 memang memperkenalkan aturan yang tak populer, yaitu kewajiban setiap klub menggunakan lima pemain U-23. Memang, usai aturan ini diterapkan, banyak bintang muda yang meledak bersama masing-masing klub.

Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, dan Kurniawan Kartika Ajie, adalah contoh pemain muda yang naik daun usai aturan tersebut diterapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya