7 Bintang Sepakbola Dunia yang Punya 'Kembaran' di Indonesia

Pemain Persib Bandung, Sergio van Dijk, saat lawan Persija Jakarta.
Sumber :
  • Indonesiasc.com

VIVA – Nama Virgil van Dijk membuat heboh di bursa transfer musim dingin ini. Liverpool berani merogoh koceknya hingga £75 juta atau setara Rp1,4 triliun.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Nilai transfer ini menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal di dunia. Pemain internasional Belanda ini mematahkan rekor Kyle Walker yang didatangkan Manchester City dari Tottenham Hotspur di bursa transfer musim panas ini.

Ternyata, Van Dijk memiliki "kembaran" di Indonesia. Ada Sergio van Dijk yang tercatat sebagai pemain Persib Bandung.

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Meskipun memiliki nama yang sama, Sergio van Dijk dan Virgil van Dijk sama sekali tak memiliki hubungan darah.

Ternyata, ada beberapa pemain dunia yang memiliki nama sama dengan pemain yang saat ini bermain atau pernah bermain di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut seperti dilansir dari berbagai sumber.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

1. Sergio van Dijk - Virgil van Dijk
Sergio Van Dijk mencapai masa keemasan bersama Persib Bandung pada 2013. Sat itu, dia sukses mencetak 21 gol dari 29 pertandingan di Liga Super Indonesia (ISL).

Striker Persib Bandung, Sergio van Dijk (kanan).

Setelah itu, Van Dijk sempat melanglangbuana ke Iran dan Thailand sebelum kembali ke Persib pada 2016. Sayang, kariernya tak terlalu mengilap karena sering dibelit cedera.

Sedangkan Virgil van Dijk membela Southampton pada 2015 hingga 2017. Dia resmi hengkang ke Liverpool, dan akan berlabuh di Anfield mulai 1 Januari 2018.

2. Maldini Pali - Paolo Maldini
Paolo Maldini terkenal sebagai bek tangguh AC Milan, pada 1985 hingga 2009. Rossoneri menjadi satu-satunya klub yang dibela sepanjang kariernya.

Maldini Pali (kiri) dan Dimas Drajad (kanan)

Indonesia juga memiliki sosok Maldini. Dia adalah Maldini Pali yang terakhir tercatat sebagai pemain Persiba Balikpapan. Nama Maldini sempat melejit saat membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2013.

Selanjutnya: dari Roberto Carlos hingga Rooney

3. Roberto Carlos Mario Gomez - Roberto Carlos dan Mario Gomez
Pelatih anyar Persib Bandung memiliki nama unik. Dia memiliki nama gabungan dari dua bintang dunia, Roberto Carlos dan Mario Gomez.

Pelatih baru Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez

Carlos dikenal sebagai bek kiri tangguh Timnas Brasil pada periode 1992 hingga 2006. Sedangkan Mario Gomez merupakan penyerang Timnas Jerman yang kini membela VfL Wolfsburg.

Roberto Carlos Mario Gomez ditunjuk sebagai nakhoda Persib pada November 2016 lalu. Pelatih asal Argentina ini pernah menjadi asisten pelatih Hector Cuper di Valencia dan Inter Milan.

4. Ferdinand Sinaga - Rio Ferdinand
Rio Ferdinand tercatat sebagai bek tangguh Manchester United pada 2002 hingga 2014. Pada 2015, dia mengakhiri karier di Queens Park Rangers.

Penyerang PSM Makassar, Ferdinand Sinaga.

Sedangkan Ferdinand Sinaga kini tercatat sebagai pemain PSM Makassar. Dia pernah membawa Semen Padang menjuarai Indonesian Premier League (IPL) 2011-12, lalu membawa Persib juara ISL pada 2014.

5. Sean Daniel Rooney - Wayne Rooney
Pecinta sepakbola pasti tahu tahu Wayne Rooney. Pemain 32 tahun ini pernah lama membela Manchester United, dan kini menunjukkan permainan apik bersama Everton.

Sean Rooney

Percaya atau tidak, Rooney pernah berkarier di Indonesia. Tapi, bukan Wayne Rooney. Melainkan Sean Daniel Rooney. Dia pernah membela Deltras Sidoarjo di pentas ISL di musim 2011-12.

Namun, Rooney yang satu ini jauh berbeda dengan Rooney di Everton. Dia terus berpindah-pindah klub dan tak terlalu tampil bagus. Terakhir, dia membela klub Australia, Marconi Stallions pada 2015. Kini, pemain asal Australia ini belum memiliki klub.

Selanjutnya: Messi pernah main di Indonesia!

6. Gian Zola - Gianfranco Zola
Gianfranco Zola pernah bersinar bersama Chelsea pada 1996 hingga 2003. Dia juga menjadi bagian dari skuat Italia pada 1991 hingga 2007.

Pemain Persib Bandung, Gian Zola

Indonesia juga memiliki sosok Zola. Ada Gian Zola yang tercatat sebagai pemain Persib Bandung. Di Liga 1 musim 2017, gelandang 19 tahun ini mencetak satu gol dari 14 pertandingan.

7. Mbida Messi - Lionel Messi
Lionel Messi tercatat sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Dia sudah merebut lima Ballon d'Or dan sederet gelar bergengsi.

Pemain Persib Bandung, Mbida Messi (kanan)

Ternyata, Messi pernah bermain di Indonesia. Di musim 2012-13, Persib Bandung pernah mendatangkan Messi.

Yang mendarat di Bandung tentu saja bukan Lionel Messi. Tapi, pemain asal Kamerun, Mbida Messi.

Kualitas Mbida Messi jauh berbeda dari Lionel Messi. Hanya bertahan semusim di Persib, dia sempat memperkuat Persiram Raja Ampat. Kini, Messi membela klub Angola, Porcelana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya