Cech Paling Jago di Premier League, Kiper Lain Lewat

Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech (33)
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA – Kemenangan Arsenal atas Watford punya arti penting bagi penjaga gawang veteran, Petr Cech. Kiper The Gunners berpaspor Republik Ceko menambah catatan rekor sebagai kiper paling jago sepanjang sejarah Premier League.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Arsenal sukses menghantam Watford 3-0 saat bermain di depan publik Emirates Stadium, Senin 12 Maret 2018 dini hari WIB, dalam laga lanjutan Premier League pekan ke-30.

Dalam laga ini, Cech juga dengan gemilang mampu menggagalkan tendangan penalti bomber Watford, Troy Deeney. Berkat aksinya tersebut, kiper 35 tahun ini sukses menjaga gawangnya tetap perawan dalam laga ini.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Mencetak tiga gol tanpa kebobolan membuat Cech menegaskan diri sebagai kiper paling hebat sepanjang sejarah Premier League. Ya, kemenangan Arsenal atas Watford menambah catatan rekor tak kebobolan Cech menjadi 200 clean sheet.

Sebelum kemenangan ini, Cech sudah jadi penjaga gawang dengan catatan clean sheet terbanyak. Cech sebelumnya sukses mencatat 162 clean sheet saat membela Chelsea medio 2004 hingga 2015. Catatan ini mengungguli legenda Timnas Inggris, David James (169 clean sheet), Mark Schwarzer (151 clean sheet), David Seaman (140 clean sheet), dan Nigel Martyn (137 clean sheet).

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Bersama Arsenal, Cech yang sudah tampil dalam 98 pertandingan khusus di ajang Premier League, mampu mencatat 68 clean sheet.

"Rekor seperti itu banyak memberikan motivasi dan tingkat kecerdasan yang tinggi. Karena, Anda tidak akan bertahan lama jika permainan Anda tidak cerdas," ujar manajer Arsenal, Arsene Wenger, dikutip Standard.

"Apakah dia salah satu yang terbaik di era Premier League? Saya meninggalkan keputusan itu kepada Anda. Saya pikir ya, konsistensi adalah hal paling sulit dalam hidup," katanya.

Hampir tiga musim membela Arsenal, Cech sudah tampil dalam 110 pertandingan di semua ajang. Selain itu, Cech juga mengantar Arsenal juara Piala FA 2016/2017, dan Community Shield 2015 dan 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya