Dele Alli dan Fenomena Pemain Muda Produktif EPL

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli
Sumber :
  • Twitter/@Dele_Alli

VIVA – Kiprah Dele Alli dan Romelu Lukaku di pentas Premier League musim ini jadi deretan terdepan sebagai pemain muda penghasil gol dan asisst terbanyak. Sebagai pilar andalan lini tengah Tottenham Hotspur, peran Dele sangatlah sentral, sedangkan posisi ujung tombak dilakoni Lukaku dalam armada Manchester United.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Meski demikian, Alli tetap dianggap lebih menonjol tatkala di usianya yang baru 21 tahun justru telah memiliki torehan lebih baik dari Lukaku dalam kategori pemain muda (di bawah usia 22 tahun) terproduktif di Premier League. Hal ini juga yang menjadi analisa jurnalis Sky Sports, Peter Smith.

Menurut data yang dihimpun Peter Smith, Alli sukses melampaui kemasan gol dan assist Lukaku semasa masih berusia sebelum 22 tahun di pentas EPL.

Prediksi Premier League: Manchester United vs Sheffield United

Hingga matchweek 31 musim ini, Alli yang kelahiran 11 April 1996 itu sukses mengemas 34 gol dan 25 assist (total 59 torehan) dan meninggalkan rekor Lukaku dengan 41 gol dan 15 assist (total 56 torehan) hingga tahun 2016 lalu.

Meski demikian, masih banyak sejumlah torehan para legenda EPL yang belum mampu dilampaui Dele dalam daftar rekor tersebut. Sebut saja Robbie Fowler (total 97 torehan), Michael Owen (total 94 torehan), Wayne Rooney (total 90 torehan), Chris Sutton (total 68 torehan) dan Cesc Fabregas (total 63 torehan).

Prediksi Premier League: Everton vs Liverpool

Dari lima liga top Eropa, tak ada pemain di bawah usia 22 tahun yang mengoleksi gol dan assist banyak layaknya Alli sejak debutnya di EPL. Hanya Kylian Mbappe yang berusia 19 tahun (Paris Saint-Germain) yang memiliki koleksi gol lebih banyak dari Alli.

Tabel pencetak gol Premier League di bawah usia 22 tahun

Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Chelsea dianggap telah mengalami peningkatan di musim ini. Manajer Arsenal, Mikel Arteta pun dibuat terkesan dengan peningkatan dari tim berjuluk The Blues tersebut.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024