3 Kunci Sukses Pep Guardiola dan ManCity Bungkam Pengkritik

Eksekusi penalti pemain Manchester City, Ilkay Guendogan saat melawan Tottenham
Sumber :
  • REUTERS/David Klein

VIVA – Manchester City menyegel gelar, juara Premier League setelah menghancurkan Tottenham Hotspur 3-1, ‘dibantu’ Manchester United yang dibekuk West Bromwich Albion. 

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Poin yang diraih pasukan Pep Guardiola dari 33 pertandingan mencapai 87, sedangkan MU di posisi kedua mengemas 71 poin. Selisih 16 poin ini sudah tidak akan mungkin dikejar MU karena maksimal poin yang bisa mereka raih dari lima pertandingan sisa hanya 15 poin.

Manchester City meraih gelar ketiga dalam tujuh musim terakhir. Capaian mentereng meskipun mereka gagal melangkah lebih jauh di Liga Champions.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Legenda Arsenal, Thiery Henry, mengungkapkan setidaknya ada tiga faktor penentu sukses The Citizens di Premier League musim ini. 

1. Vincent Kompany

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Kapten Manchester City, Vincent Kompany.

Sosok Vincent Kompany dinilai Henry berpengaruh besar bagi kesuksesan ManCity musim ini. Bek senior ini mengingatkannya pada John Terry di Chelsea saat menjadi juara.

Kompany sempat mengalami masa sulit karena cedera. Tapi, dia pantang menyerah dan setelah pulih menjadi sosok kunci bagi klubnya di Premier League.

"Sangat penting memiliki pemain seperti ini untuk memenangkan gelar. Kita bisa melihat sosok seperti ini dalam diri John Terry jelang akhir kariernya di Chelsea," kata Henry.

2. Revolusi pertahanan Pep Guardiola

Bek Manchester City, Kyle Walker

Sejak kedatangan Kyle Walker, Ederson menjadi sosok yang berbeda dibandingkan musim lalu. Masalah ManCity era Guardiola musim lalu adalah lini pertahanan. Mereka bermain dominan, agresif, tapi sering keropos di lini belakang.

Musim ini, Pep memiliki benteng pertahanan yang kokoh setelah menginvestasikan dana besar dengan memborong bek-bek mahal.

"Orang selalu bicara tentang possession, tetapi ketika dia (Guardiola) bicara tentang pertahanan, dia akan bilang tetap lah pada posisi Anda dan jangan kehilangan bola," ujar Henry.

3. Aliran bola lebih cepat

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne (kiri)

Aliran bola lebih cepat. Bola selalu bergerak lebih cepat ketimbang siapa pun. Tetaplah berada di posisi, dan Anda punya rencana. Itulah filosofi Guardiola.

Pemain ManCity wajib menghentikan serangan balik jika kehilangan bola atau meng-cover ketika teman kehilangan bola. Itulah cara lain bermain sepakbola.

"Bermain sederhana, seketika, dan lari di belakang. Inilah cara mereka menang, khususnya ketika orang bilang dia tidak bisa dengan cara ini," kata Henry.

Ini musim kedua Pep Guardiola. Musim lalu, Pep melewati musim pertamanya bersama ManCity tanpa gelar apapun. Pep pun menghadapi hujan kritik bahwa gayanya boleh sukses di Barcelona tapi tidak di Premier League. Kini, Pep telah menjawab cara lain untuk menang! (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya