Gagal Juara, Bukti Belanja Rp10 Triliun MU Tak Ada Gunanya

Manajer Manchester United, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/David Klein

VIVA – Manchester City sudah resmi menjadi juara Premier League 2017/2018. Kekalahan seteru sekota, Manchester United, atas West Bromwich Albion di Old Trafford memastikan gelar juara kelima The Citizens sepanjang sejarah.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

City tidak bertanding dalam jadwal yang sama dengan MU. City sebelumnya mempecundangi Tottenham Hotspur 3-1 di Wembley, akhir pekan kemarin. City yang hanya butuh satu kemenangan lagi, akhirnya resmi meraih gelar secara otimatis, karena jarak poin dengan MU sudah di atas 16 poin. Sementara, kedua tim hanya tinggal menyisakan 5 pertandingan lagi.

Kesuksesan City jadi kegagalan buat MU. Sebab, sudah lima musim MU puasa gelar juara Premier League. Terakhir kali armada Setan Merah berhasil merajai kompetisi tertinggi di Inggris adalah pada musim 2012/2013. Saat itu, MU masih ditangani manajer legendaris, Sir Alex Ferguson.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Setelah Ferguson meninggalkan MU, Chris Smalling cs tak pernah lagi mengangkat trofi Premier League lagi. Dimulai dari era David Moyes, Louis van Gaal, hingga rezim Jose Mourinho, MU seperti tenggelam di balik bayang-bayang CIty, Chelsea, bahkan Leicester City.

Dalam lima musim terakhir, MU sudah menggelontorkan dana sebesar £539,15 juta, atau setara dengan Rp10,6 triliun, untuk belanja pemain-pemain papan atas. Namun ternyata, dana triliunan yang digelontorkan MU tak bisa "membeli" titel juara Premier League.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Belanja MU dalam lima musim terakhir, seakan tak berguna.Disinggung soal belanja pemain, Mourinho menegaskan takkan belanja gila-gilaan lagi musim depan. Dengan pemain yang ada saat ini, manajer asal Portugal mengharapkan peningkatan performa pasukannya.

"Kami tidak akan menghabiskan (dana belanja) lebih dari yang kami mampu. Kami hanya mencoba menjadi lebih baik, dan itulah yang kami lakukan. Semua pemain akan mencoba melakukan peningkatan. Musim lalu kami finis di posisi keenam, musim ini kami finis di posisi kedua, semoga saja," ujar Mourinho dikutip Daily Mail.

"Kita lihat yang akan terjadi musim depan. Mungkin City juga akan berinvestasi lagi, dan tidak akan memberikan celah kepada yang lain (untuk mempertahankan gelar juara)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya