Tak Cuma Juara, ManCity Buat Sejarah Baru Premier League

Manchester City juara Premier League 2017/2018
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA – Usai sudah gelaran Premier League 2017/2018. Manchester City akhirnya tampil sebagai juara dengan sederet catatan rekor fantastis. Ya, armada Manchester Biru punya sejumlah rekor yang tak dimiliki klub-klub elite Inggris lainnya semisal Manchester United, Liverpool, Chelsea, atau Arsenal.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

City berhasil memetik poin sempurna dalam laga pamungkasnya musim ini, saat melawat ke St. Mary's Stadium, markas Southampton, Minggu 13 Mei 2018 WIB. Gol tunggal bomber asal Brasil, Gabriel Jesus, memastikan kemenangan ke-32 City di ajang Premier League musim ini.

Siapa sangka, kemenangan ke-32 ini membuat City mencatat rekor fantastis. Ya, dikutip data Opta, tidak ada tim yang mampu mencatat 32 kemenangan seperti apa yang dilakukan The Citizens. Tak cuma itu, tambangan tiga poin dalam laga ini juga menggenapkan catatan 100 poin yang dicatat City.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Dengan jumlah poin tersebut, City jadi satu-satunya tim dalam sepanjang sejarah Premier League yang mampu mencetak 100 poin dalam satu musim. 

Selain catatan rekor yang tadi sudah di sebut, masih ada beberapa data dan fakta yang dicatat CIty usai menjuarai Premier League 2017/2018. Berikut fakta-fakta menarik yang dibuat City di Premier League 2017/2018:

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

- City adalah tim pertama sepanjang sejarah Premier League mampu memetik 32 kemenagan. Musim ini, City hanya menelan 2 kekalahan dan 4 laga lainnya berakhir imbang.

- Dengan catatan 32 kemenangan, armada The Sky Blues jadi satu-satunya tim yang mampu finis dengan mengumpulkan 100 poin di akhir musim.

- Guardiola adalah satu-satunya manajer di Premier League yang mampu membawa timnya meraih 32 kemenangan dan mengumpulkan 100 poin. Catatan ini 100 poin juga jadi yang pertama sepanjang karier Guardiola sebagai manajer.

- City juga jadi tim dengan pertahanan terbaik musim ini. Vincent Kompany cs hanya kebobolan 27 gol. Catatan ini lebih baik dari seteru sekota, MU, yang kebobolan 28 gol musim ini. Catatan ini juga lebih baik dari saat City juara Premier League 2011/2012 (kebobolan 29 gol), dan juara Premier League 2013/2014 (kebobolan 37 gol).

- Selain jadi tim dengan pertahanan terbaik, City juga jadi tim paling tajam sepanjang sejarah Premier League. 106 gol yang dicetak City musim ini, jadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Chelsea musim 2009/2010 dengan raihan 103 gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya