Langkah Kalap Raksasa Premier League Jelang Deadline Transfer

Chelsea vs Manchester City
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Musim ini ada yang berbeda dengan Premier League. Itu terjadi pada bursa transfef. Ada regulasi anyar yang membuat klub-klub harus bekerja ekstra keras buat memboyong pemain incaran.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Sesuai kesepakatan bersama serta izin dari FIFA, bursa transfer musim panas di Inggris ditutup lebih cepat. Jika lazimnya perpindahan pemain bisa dilakukan sampai 31 Agustus, tapi kali ini kesempatan melakukan pembelian pemain cuma sampai 9 Agustus 2019.

Klub-klub Inggris telah bersepakat, cuma bisa memboyong pemain baru dalam tengat waktu 12 pekan, yang mana kesempatan terakhir adalah dua hari sebelum kompetisi resmi dimulai.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Lepas dari alasan mengapa akhirnya regulasi baru itu diterapkan, yang jelas kini klub-klub papan atas dibuat panik. Banyak dari mereka belum 'selesai' menyempurnakan skuatnya.

Dengan waktu kurang dari 48 jam, tim-tim macam Manchester United, Chelsea dan Manchester City kemungkinan bakalan kalap melakukan belanja pemain di detik-detik terakhir.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Langkah Chelsea, MU dan ManCity

Setidaknya ada tiga tim yang menjadi sorotan jelan deadline ini. Mereka adalah Chelsea, Manchester United serta Manchester City.

Sejauh ini Chelsea memang baru kedatangan satu penggawa anyar. Mereka bisa dikatakan juga terlambat bergerak dengan memboyong Maurizio Sarri sebagai juru ramu taktik menggantikan Antonio Conte hanya dalam beberapa pekan terakhir.

Praktis dalam waktu yang tersisa, sang manajer pun gagap mengambil langkah dalam membenahi tim. Terbukti, sejauh ini mereka baru mendatangkan Jorginho dari Napoli.

Secara komposisi, memang seharusnya Chelsea tidak perlu cemas. Sebab mereka juga sudah dihuni banyak pemain berkualitas. Apalagi Sarri pun dikenal sebagai arsitek tim yang tidak rewel meminta dibelikan pemain.

Namun gosip yang mencuat, tetap saja menyebut Chelsea mulai panik jelang penutupan bursa transfer ini. Mereka diisukan mengambil langkah cepat memboyong setidaknya dua pemain lagi.

Yang dikaitkan adalah Mateo Kovacic dari Real Madrid. Bahkan untuk yang satu ini dikatakan sudah hampir pasti bergabung karena kedua kubu telah mencapai kesepakatan. Gelandang Kroasia tersebut dipinjamkan selama semusim.

Gelandang Real Madrid, Mateo Kovacic

Tapi yang paling heboh adalah, Chelsea tiba-tiba megajukan tawaran buat kiper Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga. Mereka siap membayar sesuai klausul tebusan, 80 juta euro.

Mengapa Chelsea bisa nekat mengambil langkah tersebut? Tidak lain penyebabnya karena isu kepindahan Thibaut Courtois yang semakin santer. Kiper Belgia itu diyakini akan hengkang ke Madrid, seperti yang digembar-gemborkan belakangan.

Lain Chelsea, lain pula MU. 'Setan Merah' ngotot ingin memboyong bek tengah, sesuai dengan kebutuhan mereka. Memang sektor tersebut menjadi yang paling krusial buat dibenahi.

Tadinya MU dikaitkan dengan Yerry Mina dari Barcelona. Cuma syarat yang diajukan agak berat, Los Azulgranas ingin menggunakan bek Kolombia itu sebagai pemulus tawaran terhadap Paul Pogba.

Merasa mustahil mengambulkan, MU pun fokus kepada Tobias Alderweireld. Langkah mereka pun kembali mentok. Tottenham Hotspur selaku pemilik bukan tidak mengizinkan, mereka bersedia melepas, tapi dengan catatan The Lilywhites harus mendapatkan pengganti pemain Belgia itu dulu.

Cuma masalahnya Tottenham sendiri kelihatan tidak bergerak sama sekali mencari calon pengganti. Jadi kesimpulannya, mereka pun tetap ogah melepas Alderweireld.

Pemain belakang Timnas Belgia dan Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld

Terakhir adalah juara bertahan ManCity. Meski sudah memiliki skuat serta kedalaman yang bagus, tetap saja manajer Pep Guardiola merasa harus menambah amunisi.

Guardiola terang-terangan mengatakan membutuhkan satu gelandang lagi. Dia ingin mencari pelapis buat Fernandinho.

Sejumlah nama mencuat, ada Kovacic, Miralem Pjanic, Marco Verratti, hingga Sergej Milinkovic-Savic.

Tapi dari empat pemain itu, tidak satu pun yang mendekat. Contohnya Kovacic, dia malah kemungkinan segera berkostum Chelsea. Lalu Pjanic yang dikabarkan akan menambah durasi kontrak di Juventus.

Striker Juventus, Mario Mandzukic dan Miralem Pjanic.

Menelisik kondisi itu, maka mencuat pertanyaan, apakah The Citizens dan dua tim lain bakalan kalap mengejar targetnya demi menyempurnakan skuat, atau malah menerima kondisi yang ada untuk menjalani musim baru? kita tunggu saja jawabannya beberapa jam ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya