Luka Mourinho Buka Spekulasi Kursi Manajer MU

Manajer Manchester United, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/David Klein

VIVA – Jose Mourinho, ya sosok ini seakan selalu jadi magnet di arena sepakbola sejagat. Terlepas dari labelnya yang kerap kontroversial, semua penggemar si kulit bundar tak pernah ingin terlewat kabar tentang sang Special One.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Dan beberapa hari belakangan ini, rumor Jose Mourinho bakal dipecat makin panas usai kekalahan yang diderita Manchester United (MU) di pekan kedua Premier League 2018/19.

Lalu apa yang memicu dari mencuatnya spekulasi tersebut? Kekalahan MU 2-3 di kandang Brighton Hove & Albion akhir pekan lalu pun jadi biang terkuaknya rumor tersebut.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Usai pulang dengan tanpa poin, praktis Mourinho jadi sasaran tembak dari kekalahan tersebut. Salah satu yang paling cecar tak lain adalah desakan untuk menjungkalkan Special One dari singgasana manajer Setan Merah.

Atas kekalahan itu, Mourinho pun enggan mengkritik anak asuhnya yang tampil melempem. Sebab, dia merasa sudah terlalu sering diadu domba.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

"Ketika saya berbicara tentang penilaian individu pemain, ketika saya kritik pemain saya, Anda tidak bisa menerima itu," ujar Mourinho, seperti dikutip dari Sky Sports.

"Media massa dan pengamat sebenarnya lebih kritis ketika saya melakukan itu, jadi tolong jangan tanyakan itu, karena itu tidak baik bagi saya," imbuhnya.

Bagi pria asal Portugal tersebut, kesempatan berbicara mengenai pemain akan dilakukan jika tampil baik. Sehingga tidak ada lagi aroma perselisihan dalam tim yang diciptakan dari luar.

"Saya akan sangat senang saat menganalisa pemain yang tampil bagus. Sangat baik berbicara mengenai itu di depan kamera. Ketika saya tidak melakukan itu, jangan tekan saya," kata Mourinho.

Zinedine Zidane dalam Pusaran Old Trafford

Zinedine Zidane dalam Pusaran Old Trafford

Menyeruaknya rumor pemecatan Jose Mourinho kini mulai melibatkan nama top lain dalam pusaran panas hawa Old Trafford. Adalah eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane yang disebut-sebut bakal menjadi pengganti Special One membesut Paul Pogba cs.

Dan Zidane yang kini masih menganggur tentu jadi pilihan potensial The Red Devils untuk mengisi posisi manajer.

Menurut Daily Mail, isu itu pun makin bergulir deras pasca kekalahan 2-3 MU dari Brighton and Hove Albion. L'Equipe juga mengklaim bahwa sebenarnya mantan bintang Juventus itu tengah mengamati peluang melatih di Inggris.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Diyakini Zidane sangat tertarik untuk menukangi Manchester United. Dia terus memantau perkembangan tim yang sekarang ditangani oleh Jose Mourinho tersebut.

Sebelumnya, Zidane diisukan akan kembali ke Juventus. Namun, dia ke sana tidak menjadi pelatih karena masih ada Massimiliano Allegri.

Pria asal Prancis tersebut hendak menempati jabatan wakil direktur olahraga, atau menjadi asisten Fabio Paratici. Cuma kabar tersebut sampai sekarang belum terbukti.

Zidane juga pernah dikaitkan dengan Timnas Prancis. Sayangnya, jabatan pelatih masih akan tetap menjadi milik Didier Deschamps, karena beberapa waktu lalu dia mengantarkan Les Bleus meraih trofi Piala Dunia 2018.

Zidane mengundurkan diri dari Real Madrid beberapa waktu lalu. Padahal, dia baru saja membawa Los Blancos meraih trofi Liga Champions tiga kali beruntun.

Spekulasi Meruncing, MU Tanggapi Santai


Spekulasi Meruncing, MU Tanggapi Santai

Di tengah panasnya isu itu ternyata ada oase untuk Mourinho. Sumber internal MU menyebutkan bahwa klub itu masih percaya terhadap pelatih asal Portugal tersebut.

Sumber yang merupakan pejabat senior di Old Trafford itu menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada kontak dengan Zidane. "Mengapa kita mendiskusikannya ketika di sini tidak ada lowongan pekerjaan?" seperti yang dilansir Metro.co.uk

Diberitakan sebelumnya, Zidane yang tengah menganggur dikabarkan sedang membidik Premier League sebagai calon pelabuhan baru kariernya.

Tanggapan pun datang dari bek legendaris MU, Gary Naville. Menurut pria yang pernah lama membela tim nasional Inggris itu menyebut Mourinho harusnya kini lebih fokus menyiapkan skuat terbaiknya dan bukan mendengar kisruh terkait hal tersebut.

"Pada saat dia memberi perpanjangan kontrak kepada Mourinho pada Januari lalu, dia kini seharusnya lebih fokus mendatangkan defender," ujar Gary Neville kepada Sky Sports.

Mourinho menandatangani kontrak baru United pada bulan Januari, memperpanjang masa tinggalnya di Old Trafford hingga 2020 dengan opsi untuk satu tahun lagi.

Hasil buruk dan kinerja lesu mengikuti musim panas ketegangan dan frustrasi di MU, dengan Mourinho kecewa dengan kurangnya dukungan di bursa transfer.

“(Toby) Alderweireld dan (Harry) Maguire akan menjadi pilihan yang baik. Jika harganya £120 juta, itulah yang harus Anda lakukan,” jelas Gary Neville.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya