Usai Jeda Internasional, Premier League Jajal Penggunaan VAR

Pertandingan Manchester City vs Huddersfield Town di Premier League musim ini.
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA – Premier League bakal melakukan uji coba penerapan VAR (Video Assistant Referee). Uji coba akan dilakukan usai jeda internasional pekan ini.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Dilansir The Sun, Rabu 5 September 2018, uji coba akan dilakukan di 15 laga Premier League. Lima di antaranya akan dilakukan pada 15 September 2018 nanti.

Sejauh ini, penggunaan VAR sudah umum digunakan di sejumlah kompetisi domestik elite Eropa. Seperti Bundesliga, LaLiga hingga Serie A.

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Di sepakbola Inggris, VAR sudah diuji coba di empat laga Piala Liga musim ini. Rencananya, VAR akan diuji coba di 60 laga Piala Liga musim ini.

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Penggunaan VAR dianggap berhasil di Piala Dunia 2018 silam di Rusia. VAR mampu menganulir sejumlah keputusan wasit yang keliru di ajang akbar itu.

Sebelumnya, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, juga sudah berancang-ancang akan menerapkan VAR di Liga Champions. Namun, masih ada beberapa kendala teknis.

"Cepat atau lambat, teknologi akan datang. Rencananya sekarang adalah, kami baru menggunakannya mulai musim depan (2019-2020)," jelas Ceferin.

"Ini sudah rencana kami. Tidak mudah memilih provider dan mengorganisir kompetisi di benua biru dengan begitu banyak wasit. Serta masih ada kendala teknis lain," lanjutnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya