Alasan Erick Thohir Mau Bergabung dengan Oxford United

Ketua INASGOC, Erick Thohir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Setelah menjajal industri sepakbola di Amerika Serikat dan Italia, kini Erick Thohir pindah ke Inggris. Dia diangkat sebagai salah satu direktur Oxford United Football Club (OUFC).

Ganas, Oxford United Catat Rekor Kemenangan Terbesar

Tim yang bermain di League One tersebut menjadikan Erick sebagai direktur bersama Horst Geicke dan Zaki Mohammed Nuseibeh. Diharapkan kedatangan pengusaha asal Indonesia tersebut bisa memberi dampak positif.

Erick mau menerima tawaran ini karena sudah kenal lama dengan pemilik Oxford United, Sumrith Thanakarnjanasuth. Bahkan jauh hari sebelum sosok yang akrab disapa Tiger itu membeli klub.

Oxford United Tak Terkalahkan dalam 5 Pertandingan Terakhir

"Saya sudah mengenal Tiger sejak lama, dan setelah dia mengatakan ingin menjadi bagian Oxford United, saya tertarik untuk mendukungnya dalam beberapa cara," ujar Erick, dikutip dari laman resmi klub.

Latar belakang Oxford sebagai kota terkenal membuat Erick semakin tertarik. Dia merasa ada peluang besar untuk mempromosikan klub yang sudah berusia 125 tahun ini.

Drama 6 Gol Lawan Wigan Athletic, Oxford United Kembali ke Zona Playoff

"Kita perlu menghargai sejarah itu dan menjaga semangat klub. Jika saya dapat menambahkan pengalaman dalam mengembangkan klub, maka bagus untuk kita semua," imbuhnya.

Sebelum ambil bagian dalam jajaran manajemen Oxford United, Erick lebih dulu menjadi pemilik mayoritas DC United. Setelah itu dia menjadi presiden Inter Milan.

Pengalaman Erick dalam bisnis olahraga tidak cuma dalam sepakbola. Dia juga pernah menjadi pemiliki klub basket NBA, Philadelphia 76ers.

Sementara itu, menurut informasi yang beredar, disinyalir Erick kelihatannya bermitra dengan pengusaha Thailand, Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth, yang menjabat Chairman OUFC, dan pengusaha Indonesia Anindya Bakrie yang merupakan mitra Erick di bisnis media.

OUFC adalah salah satu klub Inggris di papan League One. Kabarnya pihak konsorsium berupaya untuk meningkatkan performa agar OUFC bisa naik kelas ke Championship League dalam beberapa tahun ke depan.

Bisa jadi ini merupakan batu loncatan dari konsorsium untuk berkiprah di persepakbolaan Inggris, mengetahui keterlibatan Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth sebelumnya di Reading Football Club dan tentu peran Erick di Liga Italia dan Liga Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya