Gasak Everton di Etihad, ManCity Depak Liverpool dari Puncak Klasemen

Para pemain Manchester City merayakan gol Raheem Sterling (kedua dari kanan)
Sumber :
  • Twitter/

VIVA – Manchester City berhasil kembali ke puncak klasemen usai mengalahkan Everton. Menjamu Everton di Etihad Stadium dalam laga pekan ke-17 Premier League 2018/2019, pasukan Pep Guardiola menang dengan skor meyakinkan 3-1, Sabtu 15 Desember 2018 WIB.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Dalam laga ini Guardiola masih belum bisa menurunkan striker andalan, Sergio Aguero, yang masih mengalami cedera. Akan tetapi, Guardiola sudah membawa Kevin De Bruyne yang sudah pulih dari cedera.

Di luar dugaan, Everton yang berstatus tim tamu justru nyaris membobol gawang City dalam dua kesempatan. Yang pertama di menit 3, sepakan placing penyerang muda, Dominic Calvert-Lewin, masih bisa ditepis kiper City, Ederson Moraes.

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Kemudian, peluang emas Everton kembali gagal dimaksimalkan oleh Richarlison di menit 15. Umpan silang Lucas Digne memang berhasil diteruskan oleh Richarlison lewat sebuah sepakan first time. Akan tetapi, sepakannya malah melambung.

Terlalu asyik menyerang, gawang Everton malah bobol di menit 23. Berawal dari umpan terobosan Leroy Sane yang mampu diterima Gabriel Jesus usai bergerak cerdik. Gabriel kemudian langsung menembakkan bola dari jarak dekat dan gagal dihalau kiper Everton, Jordan Pickford. Gol Gabriel tersebut berhasil membawa City unggul 1-0 atas Everton hingga turun minum.

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, City masih tampil agresif. Hasilnya, babak kedua baru berjalan lima menit City berhasil menggandakan keunggulannya. Gol kedua City lagi-lagi tercipta lewat kerjasama Sane dan Gabriel.

Everton kemudian berhasil memperkecil ketinggalan di menit 65. Umpan silang Digne, Calvert-Lewin yang datang dari belakang langsung menanduk keras bola ke dalam gawang tanpa diselamatkan Ederson.

Akan tetapi setelah gol Calvert-Lewin, armada The Sky Blues kembali berhasil menambah keunggulannya. Adalah pemain pengganti, Raheem Sterling, yang mencetak gol ketiga City setelah memaksimalkan umpan Fernandinho.

Gol Sterling jadi yang terakhir tercipta di babak kedua. Akhirnya hingga peluit panjang dibunyikan wasit, City berhasil mempertahankan keunggulan 3-1 atas Everton.

Kemenangan ini membawa City sementara menggeser Liverpool dari puncak klasemen sementara Premier League 2018/2019 dengan catatan 44 poin, unggul dua poin dari Liverpool. Sementara bagi Everton, kekalahan ini membuat anak asuh Marco Silva tak bergerak dari urutan ke-7 dengan catatan 24 poin.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson Moraes (gk); Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Bernardo Silva, Fernandinho, Ilkay Guendogan, Riyand Mahrez (Kevin De Bruyne'75), Leroy Sane (Raheem Sterling'69), Gabriel Jesus.

Everton: Jordan Pickford (gk); Seamus Coleman (Theo Walcott'57), Kurt Zouma, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne, Andre Gomes, Gylfi Sigurdsson (Tom Davies'81), Dominic Calvert-Lewin, Bernard (Ademola Lookman'57), Richarlison.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya