Pensiunnya Petr Cech dan Sinyal Munculnya Kiper-kiper Muda

Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech
Sumber :
  • Twitter/@PetrCech

VIVA – Kiper Arsenal, Petr Cech, membuat keputusan penting. Lewat media sosial, kiper 36 tahun ini memutuskan gantung sarung tangan pada akhir musim nanti.

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions

"Ini adalah musim ke-20 saya sebagai pemain profesional dan 20 tahun sejak saya pertama menandatangani kontrak pertama. Rasanya ini saat yang tepat untuk mengumumkan pensiun," tulis Cech.

"15 tahun bermain di Inggris, memenangkan setiap gelar, saya merasa sudah mendapatkan semua yang dinginkan," sambungnya.

Arsenal Tidak Boleh Hilang Kepercayaan Diri

Kabar ini langsung didengar oleh Jose Mourinho. Seperti yang diketahui, Mourinho lah yang membawa Cech pertama kali datang ke Inggris bersama Chelsea musim 2004/2005 silam.

Sosok Mourinho adalah yang pertama membawa Cech datang ke Inggris, saat diboyong Chelsea dari klub Prancis, Rennes. Di bawah komando Mourinho, Cech berhasil meraih tiga gelar Premier League, dua gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar Community Shield.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions

"Saya merasa terhormat menjadi manajer pada usia sedini itu, dan memberi Petr (Cech) kostum nomor satu di Premier League. Setelah hari itu, semuanya tentang dia. Semua tentang angka-angka penampilannya, clean sheet, gelar, dan profesionalismenya," ujar Mourinho kepada Sky Sports.

"Ini kerugian besar bagi sepakbola. Tetapi, sejarah tidak bisa dihapus. Banyak ucapan selamat atas karier yang luar biasa," lanjut The Special One.

Kiper Muda Mulai Bermunculan


Pensiunnya Cech bisa menjadi sinyal kiper-kiper tua undur diri. Saat ini, masih ada kiper yang sezaman dengan Cech, sebut saja Gianluigi Buffon (Paris Saint-Germain), Iker Casillas (FC Porto), Joe Hart (Burnley), dan Manuel Neuer (Bayern Munich).

Khususnya di Premier League, kini sudah muncul kiper-kiper muda. Dari mulai Bernd Leno (Arsenal), David De Gea (Manchester United), Alisson Becker (Liverpool), Kepa Arrizabalaga (Chelsea), Ederson Moraes (Manchester City), Jordan Pickford (Everton), dan Neil Etheridge (Cardiff City).

Di Arsenal, posisi Cech sudah mulai digeser Bernd Leno. Kiper 26 tahun ini mampu tampil apik bersama The Gunners. Musim ini, dia sudah tampil dalam 20 pertandingan di semua kompetisi.

Kiper baru Arsenal, Bernd Leno

Leno juga mulai bisa menggantikan posisi Neuer di Timnas Jerman, Tercatat, eks pemain Bayer Leverkusen ini sudah mengantongi 6 caps bersama negaranya.

Kiper muda yang paling mencuri perhatian musim ini adalah De Gea. Pemain 28 tahun ini sukses mengadang 11 tendangan mengarah ke gawang saat melawan Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu.

Bomber legendaris Timnas Inggris, Alan Shearer, sampai terpukau dengan aksi De Gea. Aksi-aksi heroik mantan kiper Atletico Madrid itu yang mengantarkan MU sukses menang tipis 1-0 di laga panas di Wembley tersebut.

"Dengan membuat penyelamatan yang terlihat sangat mudah, itu membuktikan bahwa dia adalah penjaga gawang terbaik di dunia saat ini," ungkap Shearer yang dilansir situs resmi Premier League. 

Siapa Susul Cech?

Pemain yang kemungkinan menyusul Cech adalah Gianluigi Buffon. Apalagi, eks kiper Juventus ini sudah menginjak usia 40 tahun.

Posisi Buffon di Paris Saint-Germain kini mulai digeser kiper muda, Alphonse Areola. Kiper Prancis berusia 25 tahun ini memaksa Buffon merasakan hangatnya bangku cadangan.

Musim ini, Areola lebih sering dipercaya pelatih PSG, Thomas Tuchel. Areola sudah tampil 16 kali di semua kompetisi, sedangkan Buffon baru 13 kali.

Kiper PSG, Gianluigi Buffon.

Tapi, sampai sejauh ini, Buffon belum memiliki niat pensiun. Dia masih memiliki semangat tinggi membela Les Parisiens.

"Saya berumur lebih dari 20 tahun dan terkadang orang tak melihat usia saya. Saya sangat bangga bisa membela PSG," ucapnya dilansir Corriere della Serra.

Kiper lain yang kemungkinan ikut pensiun adalah Joe Hart. Setelah 10 musim tak tergantikan di Manchester City, nasibnya seolah terkatung-katung dalam 3 musim terakhir.

Dia harus rela dipinjamkan ManCity ke Torino, West Ham United, lalu dibeli Burnley di bursa transfer musim panas ini. Nasibnya di Timnas Inggris pun setali tiga uang.

Hart mengantongi 75 caps bersama Timnas Inggris. Namun, kini dia harus rela posisinya digantikan para pemain muda, dari mulai Jordan Pickford, Tom Heaton, dan Nick Pope.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya