Bukayo Saka, Raja Assist Arsenal yang Baru

Pemain muda Arsenal, Bukayo Saka
Sumber :
  • twitter.com/arsenal

VIVA – Arsenal memetik tiga angka saat menjamu Everton dalam pekan ke-27 Premier League. Bermain di Emirates Stadium, Senin dini hari WIB 24 Februari 2020, tim berjuluk The Gunners menang dengan skor 3-2.

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Pertandingan berlangsung seru sejak awal babak pertama. Tim tamu tampil mengejutkan karena sudah bisa unggul di menit pertama lewat gol indah Dominic Calvert-Lewin.

(Baca juga: Aubameyang Jadi Pahlawan, Arsenal Susah Payah Kalahkan Everton)

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Arsenal membalas pada menit ke-27. Umpan silang Bukayo Saka yang melakukan akselerasi di sisi sayap kiri diakhiri dengan umpan silang. Edward Nketiah yang ada di dalam kotak penalti meneruskannya dengan sangat baik.

Mengutip Opta, umpan Saka tersebut menjadikannya sebagai pemain termuda di Premier League yang mampu menyumbangkan assist dalam dua pertandingan beruntun. Karena pada pekan sebelumnya melawan Newcastle, dia juga melakukan hal sama.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Usianya baru menginjak 18 tahun 171 hari. Yang menarik lagi, Saka baru bermain selama sembilan menit di pertandingan itu, karena menggantikan Sead Kolasinac yang cedera.

Fakta menarik dari gol penyama kedudukan itu adalah kerja sama Saka dengan Nketiah. Ini adalah sumbangsih pemain di bawah usia 21 tahun. Terakhir kali terjadi hal serupa pada 2008, di mana Arsenal melawan Bolton, assist diberikan Denilson dan gol dicetak Nicklas Bendtner.

Arsenal

Sejak Arsenal ditangani Mikel Arteta, Saka yang aslinya berposisi sebagai gelandang lebih condong ditarik menjadi bek sayap kiri. Tapi, perpindahan itu tak membuatnya kehilangan agresivitas.

Sejauh ini, pemain berpaspor Inggris sudah menyumbangkan sembilan assist untuk Arsenal di semua kompetisi. Rinciannya, tiga di Premier League, empat kali di Liga Europa, dan masing-masing satu saat tampil di Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, kepercayaan diri Arsenal bertambah. Selang enam menit kemudian mereka berbalik unggul berkat gol yang dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun, di penghujung babak pertama Everton berhasil membalas. Kemelut di depan gawang Arsenal dimanfaatkan dengan baik oleh striker tim tamu, Richarlison.

Masuk ke babak kedua, Arsenal langsung tancap gas. Baru satu menit berjalan, Aubameyang mencatatkan nama di papan skor untuk kedua kali. Sundulannya memanfaatkan umpan silang Nicolas Pepe tak mampu dihalau kiper tim tamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya