Bayangan Mengerikan Pensiun di Tengah Corona

Bek Liverpool, Virgil van Dijk
Bek Liverpool, Virgil van Dijk
Sumber :
  • Twitter/@VirgilvDijk

VIVA – Pandemi virus corona COVID-19 justru membuat bintang Liverpool, Virgil van Dijk, berpikir keras. Bahkan, dia sampai memikirkan kondisi jika sampai harus pensiun.

Terhitung sudah dua bulan sejak Premier League berhenti sejak virus corona merebak di Inggris. Situasi ini jelas membuat para pesepak bola sangat bingung mengingat mata pencahariannya terhenti.

Padahal, masih ada 92 pertandingan lagi yang harus digelar. Kondisi ini, dianggap Van Dijk, sama saja dengan merasakan pensiun dari lapangan hijau.

Bagi pemain asal Belanda, pensiun merupakan hal yang amat ditakutkan oleh pesepak bola. Apalagi, ketika mereka tak tahu apa yang akan dilakukan setelah pensiun dari dunia yang membesarkan namanya itu.

"Ini menjadi sedikit aneh. Saya tak mau memikirkan tentang pensiun karena itu akan menjadi sebuah hal yang aneh. Itu membuat Anda berpikir bagaimana sulitnya bagi pemain untuk memutuskan pensiun," ujar eks bek Southampton dikutip The Sun.

"Anda dituntut bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga karena akan muncul masa di mana Anda tak tahu harus berbuat apa, seperti saat ini, karena Anda tak tahu apa yang akan terjadi ke depannya," tutur dia.

Lebih lanjut, pemain 28 tahun itu juga mengakui jika pandemi seperti saat ini membuatnya makin cinta dengan pekerjaannya sebagai pesepak bola. Hidupnya terasa hampa setelah berjalan dua bulan tak mengolah si kulit bundar di lapangan hijau.