8 Fakta Menarik Perjalanan Liverpool Juara Premier League 2019/20

Liverpool juara Premier League 19/20
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA – Liverpool akhirnya mengakhiri penantian panjangnya selama 30 tahun untuk melepas dahaga meraih juara Premier League. Kepastian itu didapat usai Manchester City dikalahkan Chelsea dengan skor 1-2 di Stamford Bridge, dini hari tadi.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Kehilangan tiga poin membuat The Citizens sudah tak mungkin lagi mengejar selisih 23 angka. Sebab, dengan sisa tujuh laga lagi, poin maksimal yang bisa diraih ManCity hanya 84 poin. Sedangkan, kini The Reds sudah mengoleksi 86 poin.

Gelar juara ini jelas disambut gembira oleh seluruh pemain dan suporter Liverpool. Bagaimana tidak, mereka sudah menantikan gelar ini sejak lama.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Sebenarnya, mereka hampir saja juara musim lalu. Sayang, The Citizens yang akhirnya juara setelah unggul satu poin di pekan terakhir.

Beruntung, cuma semusim berselang, penantian ini terbayar lunas. Meski dalam perjalanannya harus tertunda akibat pandemi virus corona COVID-19.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Wabah tersebut membuat pasukan Juergen Klopp harus menunda pesta juaranya hingga Juni. Padahal, jika berjalan normal, mereka bisa juara di Maret atau awal April 2020.

Tentu, masih ada lagi fakta menarik lainnya yang mengiringi gelar juara Liverpool. Berikut yang sudah dirangkum tim VIVA seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Liverpool juara liga Inggris tercepat
Liverpool akhirnya juara kompetisi kasta tertinggi liga Inggris setelah menanti 30 tahun. The Reds terakhir kali juara pada 1989-90 ketika format Premier League belum diterapkan.

Pemain Liverpool rayakan juara Premier League

Liverpool juara di pekan ke-31 saat kompetisi masih menyisakan tujuh laga lagi. Rekor ini menjadikan The Reds sebagai juara tercepat mengalahkan rekor sebelumnya yang menyisakan lima laga (Manchester United, Everton, dan Manchester City).

2. Gelar Premier League pertama
Sebagai salah satu tim tersukses di Inggris, Liverpool telah mengoleksi 18 gelar juara. Namun, itu semua diraih ketika format Premier League belum diterapkan.

Ini adalah kali pertama The Reds juara Premier League yang diterapkan sejak 1992. Sekaligus membuat Liverpool berhasil juara di delapan dekade berbeda.

3. Gelar juara Liverpool tertunda akibat pandemi corona
Liverpool harusnya bisa juara lebih awal di bulan Maret atau April lalu andai pandemi virus corona tak menyebabkan penundaan Premier League hingga Juni. Imbasnya, Liverpool jadi tim pertama yang juara pada Juni. Biasanya, di bulan ini kompetisi sudah memasuki libur musim panas.

Pemain Liverpool merayakan gol

4. Koleksi juara liga milik Liverpool jadi 19
Kepastian juara di musim 2019/20 menambah koleksi trofi juara liga Liverpool menjadi 19. Namun, jumlah itu masih kalah satu dibandingkan milik Manchester United.

5. Masuk daftar penantian gelar juara terlama
Liverpool sudah menantikan gelar juara ini selama 30 tahun. Rekor penantian tersebut jadi yang kedelapan terlama dalam sejarah Liga Inggris. Chelsea masih lebih lama dengan menanti gelar juara liga selama 50 tahun.

6. Catatan kemenangan yang impresif
Dalam perjalanannya menuju tangga juara, The Reds mengoleksi 18 kemenangan beruntun, 23 kemenangan beruntun di kandang, dan menjalani 44 laga tanpa terkalahkan.

Para pemain Liverpool di Stadion Anfield.

7. Rekor pribadi James Milner
James Milner adalah pemain Inggris kedua yang juara Premier League dengan catatan tampil minimal lima kali untuk dua klub juara (Manchester City 11/12 dan 13/14 & Liverpool 19/20). Sebelumnya, ada Ashley Cole bersama Arsenal (01/02 dan 03/04 & Chelsea 09/10).

8. Torehan positif Juergen Klopp
Juergen Klopp adalah manajer asal Jerman pertama yang menjuarai kompetisi kasta tertinggi sepakbola Inggris dalam 131 tahun kompetisi ini berjalan. Pria 53 tahun jadi manajer ke-57 yang menjuarai liga Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya