Rekor Mengagumkan Liverpool: Juara Premier League dengan Dana Mini

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, saat melakukan team talk di pinggir lapangan
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Fakta menarik mengiringi keberhasilan Liverpool mengunci gelar juara Premier League musim 2019/20. Ternyata, Liverpool bisa juara dengan bujet yang begitu minim.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Uang yang dikeluarkan Liverpool untuk bisa jadi juara musim ini, tak lebih dari £10 juta. Data resmi yang tersebar, Liverpool cuma menghabiskan uang senilai £8,6 juta atau setara Rp157 miliar.

Dana itu dihabiskan oleh manajer Liverpool, Juergen Klopp, untuk membeli dua pemain saja. Mereka adalah Takumi Minamino dan Sepp van den Berg.
Winger Liverpool, Takumi Minamino

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Minamino jadi rekrutan termahal Liverpool di musim 2019/20. Direkrut pada bursa transfer musim dingin, Minamino digaet Liverpool dengan mahar £7,25 juta. Jadi, bujet sisanya dihabiskan untuk Van Den Berg.
Baca juga: Mimik Susu, Rahasia Kekuatan Super Bruno Fernandes

Pemandangan ini tak terlihat di Premier League selama delapan musim sebelumnya. Sebab, tim yang juara Premier League sejak musim 2011/12, selalu menghabiskan dana besar.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Leicester City hampir saja mencetak rekor dengan juara yang mencatatkan pengeluaran terkecil pada musim 2015/16. Tapi, pengeluaran mereka masih mencapai angka £27,3 juta.

Di sisi lain, Manchester City, dilansir Daily Mirror, jadi juara dengan pengeluaran terbanyak pada musim 2017/18, yakni sebesar £284,4 juta.

Terakhir kali ada tim yang mencatatkan prestasi serupa dengan Liverpool adalah Manchester United. Mereka juara dengan mengeluarkan uang senilai £6,3 juta pada musim 2010/11.
Baca juga: 9 Fakta Mengagumkan MU Usai Tak Kalah 15 Laga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya